Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL PENGANTIN HAMAS KARYA VANNY CHRISMA W DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Barokah, Ngafiatul
dc.date.accessioned 2018-02-08T09:13:27Z
dc.date.available 2018-02-08T09:13:27Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1807
dc.description.abstract Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2016. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana unsur intrinsik dalam novel Pengantin Hamas karya Vanny Chrisma W, (2) bagaimana nilai religius dalam novel Pengantin Hamas karya Vanny Chrisma W, (3) bagaimana skenario pembelajaran dalam novel Pengantin Hamas karya Vanny Chrisma W di kelas XI SMA. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Pengantin Hamas karya Vanny Chrisma W, (2) nilai religius yang terdapat dalam novel Pengantin Hamas karya Vanny Chrisma W, (3) skenario pembelajaran dalam novel Pengantin Hamas karya Vanny Chrisma W di kelas XI SMA. Objek penelitian ini adalah aspek nilai religius yang terdapat dalam novel Pengantin Hamas karya Vanny Chrisma W. Fokus penelitian ini berupa hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia termasuk hubungan manusia dengan alam sekitar, dan hubungan manusia dengan dirinya sendiri serta skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan kartu pencatat data. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi. Metode analisis isi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis adalah teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam novel Pengantin Hamas karya Vanny Chrisma W meliputi: tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, dan sudut pandang, (2) nilai religius novel Pengantin Hamas karya Vanny Chrisma W mencakup empat aspek, yaitu: a) hubungan manusia dengan Tuhan meliputi: memuji Tuhan, menutup aurat, beribadah, berdoa, dan bersyukur; b) hubungan manusia dengan manusia meliputi: memberi salam, persahabatan, tolong menolong, kasih sayang, dan menepati janji; c) hubungan manusia dengan alam sekitar meliputi: menikmati kebesaran Tuhan; d) hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi: pantang menyerah, kejujuran, dan bertanggung jawab, (3) skenario pembelajaran novel Pengantin Hamas karya Vanny Chrisma W menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation. Metode yang digunakan, yaitu : dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran novel Pengantin Hamas karya Vanny Chrisma W secara tertulis dengan menggunakan tes esai. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Nilai religius novel, skenario pembelajaran. en_US
dc.title NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL PENGANTIN HAMAS KARYA VANNY CHRISMA W DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account