Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik, (2) nilai
pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Ayah karya Andrea Hirata, dan (3)
skenario pembelajaran nilai pendidikan karakter dalam novel Ayah karya Andrea Hirata
di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini
adalah nilai pendidikan karakter dalam novel Ayah Karya Andrea Hirata. Fokus penelitian
ini pada pendidikan karakter yang berbentuk nilai-nilai kebaikan dan skenario
pembelajarannya di Kelas XI SMA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik
studi pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Instrumen penelitian yang dipakai dalam
penelitian ini adalah kertas pencatat data yang digunakan untuk mencatat data nilai-nilai
moral. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis
ini dilakukan dengan menggunakan teknik informal.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Ayah
terdiri dari: (a) tema: kasih sayang dan cinta seorang ayah terhadap anak, (b) tokoh dan
penokohan: Sabari merupakan tokoh utama dengan watak penyabar, pekerja keras,
kreatif, cerdas, periang, baik hati, setia, dan lugu, dengan beberapa tokoh tambahan yang
mendukung, yaitu Amiru (Zorro), Ukun, Tamat, dan Toharun, (c) alur: alur campuran, (d)
latar tempat: Beranda Rumah, Markas Pertemuan Buruh, Rumah Amirza, KampungNira,
Warung Kopi, Kampung Belantik, Kios Elektronik, Sekolah, Pusat Kota, Stasiun Radio,
Tanjung Pandan, Kantor Gadai, Pantai Barat, Ruang Sidang, dan Dermaga, latar waktu:
pagi, siang, sore, malam, senin, dan februari, dan latar sosial: kehidupan penduduk Nira,
kepercayaan kampong Belantik, tingkah anak SMA, kebiasaan orang yang menghadiri
persidangan, dan kekaguman sang juruantar terhadap sosok Sabari, dan (e) sudut pandang:
persona ketiga serba tahu, (2) nilai pendidikan karakter novel Ayah meliputi: nilai
religius, jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air,
menghargai prestasi, komunikatif senang bersahabat atau proaktif, cinta damai, gemar
membaca, peduli sosial dan tanggung jawab, (3) Skenario pembelajaran novel Ayah Karya
Andrea Hirata di kelas XI SMA menggunakan model pembelajaran kooperatif Group
Investigation dengan tahap pendahuluan guru mengkondisikan keadaan siswa agar siap
untuk menerima materi pelajaran yang akan disampaikan, lalu pada tahap inti guru
menerangkan materi tentang unsur-unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter, kemudian
guru meminta para siswa untuk mendiskusikannya, dalam tahap penutup guru merefleksi
kegiatan pembelajaran sastra yang terdapat dalam novel untuk membangun karakter siswa.