Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Nurkholis
dc.date.accessioned 2018-02-08T09:16:38Z
dc.date.available 2018-02-08T09:16:38Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1809
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik, (2) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Ayah karya Andrea Hirata, dan (3) skenario pembelajaran nilai pendidikan karakter dalam novel Ayah karya Andrea Hirata di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter dalam novel Ayah Karya Andrea Hirata. Fokus penelitian ini pada pendidikan karakter yang berbentuk nilai-nilai kebaikan dan skenario pembelajarannya di Kelas XI SMA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Instrumen penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kertas pencatat data yang digunakan untuk mencatat data nilai-nilai moral. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis ini dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Ayah terdiri dari: (a) tema: kasih sayang dan cinta seorang ayah terhadap anak, (b) tokoh dan penokohan: Sabari merupakan tokoh utama dengan watak penyabar, pekerja keras, kreatif, cerdas, periang, baik hati, setia, dan lugu, dengan beberapa tokoh tambahan yang mendukung, yaitu Amiru (Zorro), Ukun, Tamat, dan Toharun, (c) alur: alur campuran, (d) latar tempat: Beranda Rumah, Markas Pertemuan Buruh, Rumah Amirza, KampungNira, Warung Kopi, Kampung Belantik, Kios Elektronik, Sekolah, Pusat Kota, Stasiun Radio, Tanjung Pandan, Kantor Gadai, Pantai Barat, Ruang Sidang, dan Dermaga, latar waktu: pagi, siang, sore, malam, senin, dan februari, dan latar sosial: kehidupan penduduk Nira, kepercayaan kampong Belantik, tingkah anak SMA, kebiasaan orang yang menghadiri persidangan, dan kekaguman sang juruantar terhadap sosok Sabari, dan (e) sudut pandang: persona ketiga serba tahu, (2) nilai pendidikan karakter novel Ayah meliputi: nilai religius, jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif senang bersahabat atau proaktif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial dan tanggung jawab, (3) Skenario pembelajaran novel Ayah Karya Andrea Hirata di kelas XI SMA menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan tahap pendahuluan guru mengkondisikan keadaan siswa agar siap untuk menerima materi pelajaran yang akan disampaikan, lalu pada tahap inti guru menerangkan materi tentang unsur-unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter, kemudian guru meminta para siswa untuk mendiskusikannya, dalam tahap penutup guru merefleksi kegiatan pembelajaran sastra yang terdapat dalam novel untuk membangun karakter siswa. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Nilai Pendidikan Karakter, Novel Ayah, Skenario Pembelajaran. en_US
dc.title NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account