Abstract:
Penelitian ini bertjutuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan metode
pembelajaran mind mapping dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis
eksposisi; (2) pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap aktivitas
belajar; (3) peningkatan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas X
SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah
memperoleh pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun Pelajaran
2015/2016. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dalam
analisis data, digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif untuk
menghitung hasil menulis eksposisi siswa. Teknik kualitatif untuk menganalisis
hasil pengamatan, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi foto.
Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan, (1) Berdasarkan hasil
penelitian ini disimpulkan, (1) Penerapan metode mind mapping dalam menulis
eksposisi dilaksanakan dengan a) siswa membuat tugas yaitu dengan meletakkan
kertas kosong yang tak bergaris dengan sisi panjang mendatar, b) tuliskan gagasan
utama baik dalam tulisan, gambar atau foto untuk dijadikan ide, c) menghubngkan
cabang-cabang utama ke topik utama, jumlah cabang akan bervariasi tergantung
jumlah sub pokok materi tersebut. (2) perilaku siswa setelah mengikuti
pembelajaran dengan metode mind mapping mengalami perubahan dibuktikan
dengan instrumen nontes yakni lembar observasi dan kuisioner. Berdasarkan hasil
observasi, terlihat bahwa kesiapan siswa meningkat dari prasiklus(42,50%), siklus
I (55,00%) menjadi (62,50%) pada siklus II. Respon siswa meningkat dari
prasiklus (50,00%), siklus I (62,50%) menjadi (72,50%) pada siklus II. Sikap
siswa meningkat dari prasiklus (57,50%), siklus I (67,50%) menjadi (87,50%)
pada siklus II. Siswa aktif meningkat dari prasiklus (45,00), siklus I (72,50%)
menjadi (90,50%) pada siklus II. Keseriusan siswa meningkat dari prasiklus
(45,00%) siklus I (87,50%) menjadi (92,00%) pada siklus II. Sementara itu,
berdasarkan hasil lembar kuisioner, semua siswa menyatakan motivasi motivasi
dan ketertarikannya terhadap metode pembelajaran mind mapping meningkat. (3)
peningkatan keterampilan menulis eksposisi dapat diketahui dari hasil prasiklus,
siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus sebesar 64,25%, pada
siklus I meningkat 74,00%. Pada siklus II, nili rata-rata emningkat sebesar
77,75% dan sudah mencapai KKM 75.