Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENERAPAN MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Retno Mayang
dc.date.accessioned 2018-02-08T09:19:26Z
dc.date.available 2018-02-08T09:19:26Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1811
dc.description.abstract Penelitian ini bertjutuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan metode pembelajaran mind mapping dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis eksposisi; (2) pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap aktivitas belajar; (3) peningkatan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dalam analisis data, digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif untuk menghitung hasil menulis eksposisi siswa. Teknik kualitatif untuk menganalisis hasil pengamatan, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi foto. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan, (1) Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan, (1) Penerapan metode mind mapping dalam menulis eksposisi dilaksanakan dengan a) siswa membuat tugas yaitu dengan meletakkan kertas kosong yang tak bergaris dengan sisi panjang mendatar, b) tuliskan gagasan utama baik dalam tulisan, gambar atau foto untuk dijadikan ide, c) menghubngkan cabang-cabang utama ke topik utama, jumlah cabang akan bervariasi tergantung jumlah sub pokok materi tersebut. (2) perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan metode mind mapping mengalami perubahan dibuktikan dengan instrumen nontes yakni lembar observasi dan kuisioner. Berdasarkan hasil observasi, terlihat bahwa kesiapan siswa meningkat dari prasiklus(42,50%), siklus I (55,00%) menjadi (62,50%) pada siklus II. Respon siswa meningkat dari prasiklus (50,00%), siklus I (62,50%) menjadi (72,50%) pada siklus II. Sikap siswa meningkat dari prasiklus (57,50%), siklus I (67,50%) menjadi (87,50%) pada siklus II. Siswa aktif meningkat dari prasiklus (45,00), siklus I (72,50%) menjadi (90,50%) pada siklus II. Keseriusan siswa meningkat dari prasiklus (45,00%) siklus I (87,50%) menjadi (92,00%) pada siklus II. Sementara itu, berdasarkan hasil lembar kuisioner, semua siswa menyatakan motivasi motivasi dan ketertarikannya terhadap metode pembelajaran mind mapping meningkat. (3) peningkatan keterampilan menulis eksposisi dapat diketahui dari hasil prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus sebesar 64,25%, pada siklus I meningkat 74,00%. Pada siklus II, nili rata-rata emningkat sebesar 77,75% dan sudah mencapai KKM 75. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Keterampilan Menulis Eksposisi, Metode Mind Mapping en_US
dc.title PENERAPAN MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account