Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) unsur instrinsik
yang terdapat dalam novel Surat Dahlan Karya Khrisna Pabichara; (2) nilai moral
yang terdapat dalam novel Surat Dahlan Karya Khrisna Pabichara; (3) rencana
pelaksanaan pembelajaran unsur instrinsik dan nilai moral novel Surat Dahlan
Karya Khrisna Pabichara di kelas XI SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian
ini adalah aspek nilai moral yang terdapat dalam novel Surat Dahlan Karya
Khrisna Pabichara. Fokus penelitian ini berupa hubungan manusia dengan Tuhan,
hubungan manusia dengan manusia lain, hubungan manusia dengan diri sendiri,
hubungan manusia dengan alam sekitar serta rencana pelaksanaan pembelajarannya
di kelas XI SMA. Pengumpulan data digunakan teknik pustaka. Teknik
yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis isi. Teknik yang
digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis adalah teknik penyajian
informal.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik
dalam novel Surat Dahlan meliputi: (a) tema novel ini adalah semangat untuk
memperjuangkan kehidupan, (b) tokoh utamanya adalah Dahlan dan tokoh
tambahannya adalah Mbak Atun, Bapak, Syaiful, Nafsiah, Maryati, Nenek Saripa
dan Aisa, (c) alur yang digunakan adalah alur campuran, (d) terdapat tiga macam
latar, yaitu: latar tempat, latar waktu, dan latar sosial, dan (e) sudut pandang yang
digunakan adalah orang ketiga si pencerita menceritakan kehidupan tokoh, (e)
amanat yang terkandung dalam novel tersebut adalah jangan berhenti bermimpi
karena mimpi yang akan membawa kita pada kenyataan dan kita harus menjalani
problema kehidupan dengan ikhlas, sebab disitulah mental kita diuji, (2) nilai
moral novel Surat Dahlan mencakup tiga aspek, yaitu: (a) hubungan manusia
dengan Tuhan meliputi bersyukur, memuji Tuhan, beribadah; (b) hubungan
manusia dengan manusia lain meliputi menasihati, tolong menolong, kasih
sayang; (c) hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi mandiri, bekerja keras,
kasih sayang, disiplin, dan jujur (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel
Surat Dahlan Karya Khrisna Pabichara menggunakan model pembelajaran Group
Investigatin, yaitu: (a) penyampaian motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran,
agar siswa dapat mengetahui unsur ekstrinsik novel; (b) pembagian kelompok; (c)
kegiatan belajar dalam kelompok; (d) presentasi kelompok.