Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) unsur intrinsik novel
Jangan Buang Ibu Nak karya Wahyu Derapriyangga, (2) nilai religius novel
Jangan Buang Ibu Nak karya Wahyu Derapriyangga, dan (3) skenario
pembelajaran novel Jangan Buang Ibu Nak karya Wahyu Derapriyangga di kelas
XI SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini
adalah unsur intrinsik dan nilai religius novel Jangan Buang Ibu Nak karya
Wahyu Derapriyangga. Fokus penelitian ini berupa hubungan manusia dengan
Tuhan, hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan diri
sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitar, serta skenario
pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data berupa novel Jangan Buang Ibu
Nak. Instrumen penelitian ini adalah dengan kartu pencatat data untuk mencatat
data berupa kutipan-kutipan yang berhubungan dengan nilai religius.
Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode observasi. Teknik
analisis data penelitian ini adalah dengan analisis isi (content analysis). Teknik
yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis adalah teknik penyajian
informal.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa unsur intrinsik novel
Jangan Buang Ibu Nak terdiri atas tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, dan
sudut pandang. Tema novel ini adalah perjuangan dan pengorbanan seorang ibu
untuk menghidupi ketiga anaknya. Tokoh utama adalah Restiana seorang ibu yang
menjalankan amanah dengan baik. Alur dalam novel ini menggunakan alur
campuran. Latar waktu, tempat, dan sosial. Sudut pandang menggunakan sudut
pandang persona ketiga dengan menyebutkan “nama” dan sudut pandang persona
pertama gaya “aku”. Nilai religius novel Jangan Buang Ibu Nak karya Wahyu
Derapriyangga meliputi: hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia
dengan manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia
dengan alam sekitar. Skenario pembelajaran novel Jangan Buang Ibu Nak karya
Wahyu Derapriyangga menggunakan model pembelajaran kooperatif Group
Investigation. Langkah-langkah pembelajaran: siswa dibagi ke dalam kelompok
kecil yang terdiri dari 5 siswa, membaca novel Jangan Buang Ibu Nak untuk
mencari unsur intrinsik dan nilai religiusnya, siswa dalam setiap kelompok saling
bekerja sama untuk mencari unsur intrinsik dan nilai religius, setiap anggota
kelompok menulis laporan untuk mempresentasikan hasil diskusi, dan masingmasing
siswa dalam kelompok melakukan koreksi hasil laporan dan guru
mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan.