Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik, (2)
nilai moral, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Kaki Langit Talumae
karya Wishnu Mahendra di kelas XI SMA.
Objek penelitian ini adalah novel Kaki Langit Talumae karya Wishnu
Mahendra. Fokus penelitian ini adalah nilai moral novel Kaki Langit Talumae
karya Wishnu Mahendra. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Instrumen
penelitian ini adalah kartu pencatat data dan alat tulisnya. Teknik analisis data
dilakukan dengan teknik analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis data
digunakan teknik informal.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik novel Kaki
Langit Talumae Karya Wishnu Mahendra meliputi: (a) tema: masalah pencarian
makna hidup; (b) tokoh dan penokohan: Asdar (pandai, baik, dan pemberani),
Irdan (baik dan pandai merayu), Daud (baik), Tenri (cantik, pintar, dan baik),
Nenek Resse (pemberani, berjiwa pemimpin, dan penyayang), Wawan (pekerja
keras dan baik), Haji Haeruddin (dermawan), Haji Sulaiman (dermawan dan
ramah), Jarot( galak, pemarah, dan kasar); (c) alur: maju; (d) latar tempat: rumah
Nenek Resse, rumah Pak Kepala Dusun, kebun rambutan, Kota Pangkajene, dan
kebun karet, latar waktu: pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari, latar
sosial dalam novel ini memiliki tradisi yang telah dilakukan secara turun-temurun,
yaitu Mapandendang, latar suasana: sedih, sepi, bahagia, dan tegang; (e) sudut
pandang yang digunakan adalah sudut pandang persona pertama “aku”; (f)
amanat: jika mencintai seorang gadis jagalah dengan baik, jangan serakah ingin
menguasai dan memilikinya, tetap berusaha dan tidak putus asa, harus menjaga
harga diri dan kehormatan;(2) nilai moral meliputi: (a) hubungan manusia dengan
diri sendiri: jujur, tidak putus asa, menghargai waktu, dan tanggung jawab, (b)
hubungan manusia dengan manusia lain: dermawan, tolong menolong, setia
kawan, dan perduli, (c) hubungan manusia dengan Tuhan-Nya: taat, bersyukur,
beribadah, dan tawakal; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel di kelas XI
SMA dilakukan dengan metode Active Learning (belajar aktif) dengan langkahlangkah:
peserta didik membentuk kelompok kecil 4-6, anggota tim menyesuaikan
subtopik yang akan dibahas, setiap kelompok diberi materi subtopik yang
berbeda, dan membentuk kelompok ahli. Kelompok ahli dibentuk dan diambil
dari salah satu orang dari kelompok asal, dan tim ahli mendiskusikan subtopik
yang telah dibagikan. Selanjutnya, setelah selesai sebagai tim ahli tiap anggota
kelompok kembali ke kelompok masing-masing dan berdiskusi dengan teman satu
tim