dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2) nilai-nilai
sosiologi sastra hegemoni Gramsci; dan (3) skenario pembelajaran kelas XI SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian
ini berupa novel Pulang karya Tere Liye. Objek penelitian ini adalah unsur
intrinsik dan nilai-nilai sosiologi sastra hegemoni Gramsci. Fokus penelitian ini
adalah nilai-nilai sosiologi sastra hegemoni Gramsci dan skenario pembelajarannya
di kelas XI SMA. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai
pelaksana penelitian dan dibantu dengan kartu pencatat data. Dalam pengumpulan
digunakan teknik pustaka dan observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik
analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal.
Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik meliputi: (a)
tema: perjuangan seseorang melawan ketakutan, (b) tokoh dan penokohan: Bujang
(penurut, kuat, jenius, dan pantang menyerah), Samad (semangat dan berani),
Tauke Besar (terbuka dan pemarah), Midah (pencemas, penakut, dan penyayang),
Basyir (banyak bicara), Master Dragon (pemimpin yang adil), Guru Bushi (guru
yang inovatif), Yuki dan Kiko (menyebalkan dan tidak bisa serius), dan Tuanku
Imam (bijaksana), (c) latar tempat: markas Keluarga Tong di Kota Provinsi dan
Ibu Kota, Hong Kong, Grand Lisabon, kantor Pawrez, dan pelabuhan; latar
waktu: siang, sore, malam, dan dua puluh tahun lalu; latar suasana: ramai, asyik,
dan tegang (d) alur: campuran; (2) nilai-nilai sosiologi sastra meliputi: (a)
hegemoni (kekuasaan, pengkhianatan, balas dendam musuh, dan eksekusi); (b)
kebudayaan (perencanaan yang baik, struktur organisasi, tugas harus diselesaikan
dengan baik, merekrut anggota baru, diamnya Tauke Besar, generasi penerus
Keluarga Tong, teknologi mutakhir, ritual amok, balas budi kepada Keluarga
Tong, dan acara inisiasi); (c) ideologi (keputusan bijak Master Dragon dan ide
Bujang untuk membuka bank sendiri; (d) kepercayaan populer atau common sense
(kepercayaan yang diberikan Tauke Besar kepada Bujang untuk memimpin
Keluarga Tong dan kepercayaan yang diberikan Bujang kepada Togar untuk
menjadi kepala tukang pukul di Keluarga Tong; (e) kaum intelektual (Bujang
mewakili Keluarga Tong untuk bertemu calon presiden dan Bujang mewakili
Keluarga Tong untuk mencari alternatif bisnis baru); dan (3) skenario
pembelajaran di Kelas XI SMA siswa melakukan kegiatan sebagai berikut;
membaca dan mengapresiasi sesuai dengan kompetensi dasar 7.2 menganalisis
unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia. Skenario pembelajaran tersebut
dilakukan secara berkelompok, menganalisis, dan mendiskusikan mengenai nilai
sosiologi sastra dengan teori hegemoni Gramsci yang terdapat dalam novel
Pulang karya Tere Liye; mempresentasikan hasil diskusi; mengadakan evaluasi
baik secara lisan maupun tertulis; dan merefleksi kembali hasil pembelajaran
dengan tanya jawab |
en_US |