Abstract:
Tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1)
langkah-langkah pembelajaran menulis cerita pengalaman pribadi dengan
menggunakan ragam deduktif dan induktif sesuai tata bahasa baku pada
pembelajaran Bahasa Jawa siswa kelas XI MIC SMK TKM Teknik Purworejo
tahun pelajaran 2013/2014, (2) peningkatan menulis cerita pengalaman pribadi
dengan menggunakan ragam deduktif dan induktif sesuai tata bahasa baku siswa
kelas XI MIC SMK TKM Teknik Purworejo tahun pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah
penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan releksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan
koesioner, observasi, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian ini berupa angket,
lembar observasi, dan lembar soal tugas menulis siswa. Sumber data penelitian ini
berupa hasil observasi siswa dan hasil nilai menulis para siswa kelas XI MIC SMK
TKM Teknik Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 36 siswa. Metode
analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif. Teknik penyajian hasil
analisis data yang digunakan adalah metode penyajian informal.
Dari hasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh simpulan bahwa: (1)
langkah-langkah pembelajaran keterampilan menulis cerita pengalaman pribadi
dengan ragam deduktif dan induktif sesuai tata bahasa baku pada siswa kelas XI
SMK TKM Teknik Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 berjalan dengan baik dan
sesuai dengan rencana pembelajaran, (2) peningkatan keterampilan menulis cerita
pengalaman pribadi dengan ragam deduktif dan induktif sesuai tata bahasa baku
siswa kelas XI MIC SMK TKM Teknik Purworejo tahun ajaran 2013/2014 sangat
baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil aktivitas siswa, pada prasiklus nilai rata-rata
siswa hanya 47,75 termasuk kategori sangat kurang meningkat menjadi 59,80 pada
siklus I termasuk kategori kurang dan pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami
peningkatan yang cukup baik menjadi 84,33 termasuk kategori sangat baik.