Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Tempat Paling Sunyi Karya Arafat Nur, (2) nilai moral yang terdapat dalam novel Tempat Paling Sunyi Karya Arafat Nur, dan (3) skenario pembelajaran nilai moral dalam novel Tempat Paling Sunyi Karya Arafat Nur di kelas XI SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah nilai moral dalam novel Tempat Paling Sunyi Karya Arafat Nur. Fokus penelitian ini pada nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan moral hubungan manusia dengan manusia lain dan skenario pembelajarannya di Kelas XI SMA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Instrumen penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kertas pencatat data yang digunakan untuk mencatat data nilai-nilai moral. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis ini dilakukan dengan menggunakan teknik informal.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel sebagai berikut: (a) tema: seorang laki-laki yang merelakan hidup menderita dan berjuang demi mewujudkan mimpi besarnya, (b) tokoh dan penokohan: Mustafa merupakan tokoh utama dengan watak baik hati, pintar, pekerja keras, senang bersahabat, jujur dan penyabar dengan beberapa tokoh tambahan yang mendukung, yaitu Riana, Aku, Akmal, dan Khaidir, (c) alur: maju, (d) latar tempat: kamar, Lamlhok Computer, perpustakaan, rumah, pantai, Hagu, pasar, Blang Mee, dan Masjid Baituragman, latar waktu: siang, malam, petang, pagi, Mei 1998, Rabu, Jumat, dan latar sosial: masyarakat yang tidak memahami novel, pandangan hidup terhadap pejabat, kekeliruan tujuan hidup, novel bukan sesuatu yang penting, novel sebagai sarana untuk mencerdaskan, dan orang plosok Aceh salah persepsi terhadap kebijakan pemerintah, dan (e) sudut pandang: campuran, (2) nilai moral dalam novel Tempat Paling Sunyi Karya Arafat Nur mencakup tiga aspek, yaitu hubungan manusia dengan Tuhan meliputi: beriman, berdoa kepada Tuhan, dan shalat, nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi: jujur, kerja keras, gemar membaca, dan pengendalian diri, nilai moral hubungan manusia dengan manusia lain meliputi: jujur, bijaksana, derma, peduli sosial, dan tanggung jawab, (3) skenario pembelajaran novel Tempat Paling Sunyi di kelas XI SMA dengan kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia, yaitu guru menerangkan materi unsur intrinsik dan nilai moral, kemudian guru menyuruh siswa untuk membaca dan menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Tempat Paling Sunyi, lalu siswa mempresentasikan hasil analisis novel yang telah dibagi dalam beberapa kelompok, dan yang terakhir guru merefleksi kegiatan pembelajaran serta menanamkan nilai moral yang terkandung di dalam novel Tempat Paling Sunyi.