Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) bagaimana langkah-langkah
penerapan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada
Kelas VIII 2 MTs Walisongo Sidowangi Kecamatan Kajoran; 2) bagaimana
peningkatan keterampilan membaca wacana berbahasa Jawa dengan metode
Cooperative Integrated Reading and Composition di kelas VIII 2 MTs Walisongo
Sidowangi Kecamatan Kajoran.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di MTs Walisongo Sidowangi
Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang pada Agustus 2015. Subjek penelitian
adalah siswa kelas VIII 2 yang berjumlah 25 siswa. objek penelitian adalah
keterampilan membaca wacana berbahasa Jawa dengan metode CIRC. Penelitian ini
terdiri dari tiga kali kegiatan yaitu kegiatan prasiklus, siklus I dan siklus II. Setiap
siklus mengacu pada prosedur penelitian yaitu rencana, tindakan, pengamatan dan
refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes
Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa dengan menggunakan CIRC mampu
meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca wacana berbahasa Jawa. Penerapan
pembelajaran membaca dengan metode CIRC meliputi; (1) prasiklus, yaitu hasil
membaca wacana berbahasa jawa siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa.
(2) siklus I, berisi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.(3)
siklus II, merupakan kelanjutan dan perbaikan dari siklus I. Langkah-langkah
pembelajaran model CIRC yaitu; (1) membentuk kelompok yang anggotanya 4-5
orang; (2) guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran; (3)
siswa bekerja saling membacakan dan menemukan ide pokok serta memberi
tanggapan terhadap wacana/kliping; (4) mempresentasikan/membacakan hasil
kelompok; (5) guru membuat kesimpulan bersama; (6) penutup, hasil tes pada
prasiklus dengan peningkatan keterampilan membaca wacana berbahasa Jawa dari
tahap prasiklus dengan nilai rata-rata 63,24 dengan aspek pemahaman isi wacana
memperoleh rata-rata 10,0, rata-rata ketepatan bahasa 13,56, rata-rata ketepatan
penyimpulan 13,40, kelogisan 12,96, dan alasan 63,24. Siklus I dengan nilai rata-rata
78,32 dengan aspek pemahaman isi wacana memperoleh rata-rata 15,80, ketepatan
bahasa 16,40, ketepatan penyimpulan 15,40, kelogisan 15,20, dan alasan 15,52.
Siklus II dengan rata-rata 87,00 dengan aspek pemahaman isi wacana memperoleh
rata-rata 18,40, ketepatan bahasa 17,00, ketepatan penyimpulan 17,20, kelogisan
17,40, dan alasan 17,00.