Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keterampilan Membaca Wacana Berbahasa Jawa Melalui Metode Cooperative Integrated Reading and Composition pada Kelas VIII MTs Walisongo Sidowangi Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang Tahun Pembelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Pratiwi, Della Oktaviana
dc.date.accessioned 2018-02-09T03:25:11Z
dc.date.available 2018-02-09T03:25:11Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1825
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) bagaimana langkah-langkah penerapan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada Kelas VIII 2 MTs Walisongo Sidowangi Kecamatan Kajoran; 2) bagaimana peningkatan keterampilan membaca wacana berbahasa Jawa dengan metode Cooperative Integrated Reading and Composition di kelas VIII 2 MTs Walisongo Sidowangi Kecamatan Kajoran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di MTs Walisongo Sidowangi Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang pada Agustus 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII 2 yang berjumlah 25 siswa. objek penelitian adalah keterampilan membaca wacana berbahasa Jawa dengan metode CIRC. Penelitian ini terdiri dari tiga kali kegiatan yaitu kegiatan prasiklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus mengacu pada prosedur penelitian yaitu rencana, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa dengan menggunakan CIRC mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca wacana berbahasa Jawa. Penerapan pembelajaran membaca dengan metode CIRC meliputi; (1) prasiklus, yaitu hasil membaca wacana berbahasa jawa siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa. (2) siklus I, berisi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.(3) siklus II, merupakan kelanjutan dan perbaikan dari siklus I. Langkah-langkah pembelajaran model CIRC yaitu; (1) membentuk kelompok yang anggotanya 4-5 orang; (2) guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran; (3) siswa bekerja saling membacakan dan menemukan ide pokok serta memberi tanggapan terhadap wacana/kliping; (4) mempresentasikan/membacakan hasil kelompok; (5) guru membuat kesimpulan bersama; (6) penutup, hasil tes pada prasiklus dengan peningkatan keterampilan membaca wacana berbahasa Jawa dari tahap prasiklus dengan nilai rata-rata 63,24 dengan aspek pemahaman isi wacana memperoleh rata-rata 10,0, rata-rata ketepatan bahasa 13,56, rata-rata ketepatan penyimpulan 13,40, kelogisan 12,96, dan alasan 63,24. Siklus I dengan nilai rata-rata 78,32 dengan aspek pemahaman isi wacana memperoleh rata-rata 15,80, ketepatan bahasa 16,40, ketepatan penyimpulan 15,40, kelogisan 15,20, dan alasan 15,52. Siklus II dengan rata-rata 87,00 dengan aspek pemahaman isi wacana memperoleh rata-rata 18,40, ketepatan bahasa 17,00, ketepatan penyimpulan 17,20, kelogisan 17,40, dan alasan 17,00. en_US
dc.publisher PBSJ-FKIP en_US
dc.subject membaca wacana berbahasa Jawa, metode CIRC en_US
dc.title Peningkatan Keterampilan Membaca Wacana Berbahasa Jawa Melalui Metode Cooperative Integrated Reading and Composition pada Kelas VIII MTs Walisongo Sidowangi Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang Tahun Pembelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account