Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) bagaimana langkahlangkah
pembelajaran menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak melalui media
lagu Caping Gunung pada siswa kelas X BP SMK Negeri 1 Wadaslintang; 2)
bagaimana pengaruh media lagu Caping Gunung pada aktivitas belajar siswa
kelas X BP SMK Negeri 1 Wadaslintang pada pembelajaran menulis wacana
narasi dalam bentuk cerkak; dan 3) peningkatan keterampilan menulis wacana
narasi dalam bentuk cerkak pada siswa kelas X BP SMK Negeri 1 Wadaslintang
setelah menggunakan media lagu Caping Gunung.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Wadaslintang
diawali dengan penyusunan proposal pada bulan April hingga bulan Mei 2015.
Pelakasanaan penelitian ini dilakukan pada awal bulan Januari hingga awal bulan
Februari, sedangkan penyusunan laporan dilaksanakan dari awal bulan Februari
hingga awal bulan Maret 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas X BP yang
berjumlah 22 siswa. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah kemampuan
siswa dalam menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak melalui media lagu
Caping Gunung. Penelitian ini terdiri dari tiga kali kegiatan, yaitu kegiatan
prasiklus, siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes
dan nontes.
Hasil analisis data pada pembelajaran menulis wacana narasi dalam bentuk
cerkak yaitu 1) langkah-langkah pembelajaran menulis wacana narasi dalam
bentuk cerkak terdiri dari tiga pertemuan yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II.
Pelaksanaan tindakan dalam siklus I dan siklus II menggunkan media lagu Caping
Gunung karya Gesang; 2) pengaruh media lagu Caping Gunung dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran menulis wacana narasi
dalam bentuk cerkak. Pada siklus I kesiapan dan perhatian siswa terhadap
penjelasan guru mencapai 45,5%, dan pada siklus II meningkat mencapai 91%; 3)
nilai keterampilan menulis cerkak mengalami peningkatan setiap siklusnya. Ratarata
nilai keterampilan menulis cerkak pada prasiklus sebesar 63,2, rata-rata siklus
I 71,8, dan rata-rata siklus II sebesar 76,8. Pada kategori ketuntasan nilai pada
kegiatan prasiklus mencapai 27,27%, mengalami peningkatan ketuntasan menjadi
45,45% pada siklus I, keterampilan menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak
melalui media lagu Caping Gunung pada siklus II kembali meningkat menjadi
77,2%. Hal tersebut menunjukkan bahwa melalui media lagu Caping Gunung
dapat meningkatkan kemampuan siswa dan hasil belajar menulis wacana narasi
dalam bentuk cerkak.