Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keterampilan Menulis Wacana Narasi dalam Bentuk Cerkak Melalui Media Lagu Caping Gunung pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Wadaslintang Tahun Ajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Efitawati, Ika Dian
dc.date.accessioned 2018-02-09T03:32:53Z
dc.date.available 2018-02-09T03:32:53Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1831
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) bagaimana langkahlangkah pembelajaran menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak melalui media lagu Caping Gunung pada siswa kelas X BP SMK Negeri 1 Wadaslintang; 2) bagaimana pengaruh media lagu Caping Gunung pada aktivitas belajar siswa kelas X BP SMK Negeri 1 Wadaslintang pada pembelajaran menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak; dan 3) peningkatan keterampilan menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak pada siswa kelas X BP SMK Negeri 1 Wadaslintang setelah menggunakan media lagu Caping Gunung. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Wadaslintang diawali dengan penyusunan proposal pada bulan April hingga bulan Mei 2015. Pelakasanaan penelitian ini dilakukan pada awal bulan Januari hingga awal bulan Februari, sedangkan penyusunan laporan dilaksanakan dari awal bulan Februari hingga awal bulan Maret 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas X BP yang berjumlah 22 siswa. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak melalui media lagu Caping Gunung. Penelitian ini terdiri dari tiga kali kegiatan, yaitu kegiatan prasiklus, siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Hasil analisis data pada pembelajaran menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak yaitu 1) langkah-langkah pembelajaran menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak terdiri dari tiga pertemuan yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pelaksanaan tindakan dalam siklus I dan siklus II menggunkan media lagu Caping Gunung karya Gesang; 2) pengaruh media lagu Caping Gunung dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak. Pada siklus I kesiapan dan perhatian siswa terhadap penjelasan guru mencapai 45,5%, dan pada siklus II meningkat mencapai 91%; 3) nilai keterampilan menulis cerkak mengalami peningkatan setiap siklusnya. Ratarata nilai keterampilan menulis cerkak pada prasiklus sebesar 63,2, rata-rata siklus I 71,8, dan rata-rata siklus II sebesar 76,8. Pada kategori ketuntasan nilai pada kegiatan prasiklus mencapai 27,27%, mengalami peningkatan ketuntasan menjadi 45,45% pada siklus I, keterampilan menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak melalui media lagu Caping Gunung pada siklus II kembali meningkat menjadi 77,2%. Hal tersebut menunjukkan bahwa melalui media lagu Caping Gunung dapat meningkatkan kemampuan siswa dan hasil belajar menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak. en_US
dc.publisher PBSJ-FKIP en_US
dc.subject menulis wacana narasi, cerkak, media lagu Caping Gunung en_US
dc.title Peningkatan Keterampilan Menulis Wacana Narasi dalam Bentuk Cerkak Melalui Media Lagu Caping Gunung pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Wadaslintang Tahun Ajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account