dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) menjelaskan langkahlangkah
sistematis pengembangan media pembelajaran membaca aksara Jawa
berbasis macromedia flash 8 pada kelas VII SMP N 36 Purworejo; (2) mengetahui
efektivitas media pembelajaran membaca aksara Jawa berbasis macromedia flash
8 pada kelas VII SMP N 36 Purworejo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan
(Research and Development). Prosedur penelitian yang dilakukan adalah analisis
potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli, revisi
produk, uji coba skala kecil, revisi produk, uji coba lapangan operasional, revisi
produk, produk akhir. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N
36 Purworejo. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik
wawancara, angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian
ini adalah pedoman observasi, angket, dan soal evaluasi. Teknis analisis data yang
digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) pengembangan media
pembelajaran membaca aksara Jawa berbasis macromedia flash 8 pada kelas VII
SMP N 36 Purworejo menggunakan pendekatan penelitian R&D Research and
Development) yang melewati 10 tahap, (2) uji efektifitas didapatkan dari hasil
postes kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan hasil rata-rata 72,4 untuk kelas
kontrol dan 80 untuk kelas eksperimen dengan selisih skor 7,6. Uji signifikasi
eksperimental menunjukkan bahwa t-nilai lebih tinggi dari t-tabel (4,076>2,000) |
en_US |