Show simple item record

dc.date.accessioned 2018-02-09T06:25:03Z
dc.date.available 2018-02-09T06:25:03Z
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1848
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur instrinsik dalam novel Selalu Ada Kapal untuk Pulang; (2) nilai moral dalam novel Selalu Ada Kapal untuk Pulang; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Selalu Ada Kapal untuk Pulang sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai moral dalam novel Selalu Ada Kapal untuk Pulang karya Randu Alamsyah. Data yang digunakan adalah keseluruhan teks novel dan buku tambahan tentang sastra, dan moral. Teknik pengumpulan data dilakukan teknik studi pustaka dan teknik catat. Instrumen penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu kertas pencatat data yang digunakan untuk mencatat data nilai moral. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis ini dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam novel Selalu Ada Kapal untuk Pulang sebagai berikut: (a) tema mayor novel ini adalah perjuangan menggapai cita-cita. Tema minor novel ini adalah keinginan masyarakat desa untuk merantau, pilihan hidup yang harus diambil, dan kejanggalan di dalam pesantren; (b) tokoh utama dan penokohannya dalam novel ini adalah Poy dan Apin. Tokoh tambahannya yaitu Pak Busran, Ranjiwa, Mud, Muhammad Yazuri Daeng Lala, Ustadz Syamsu, Sopyan, Ustadz Kisman, Tania; (c) alur novel ini menggunakan alur maju; (d) latar novel ini terdiri dari latar tempat, latar waktu, latar sosial; (e) sudut pandang novel ini menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu; (f) amanat novel ini adalah pantang menyerah demi cita-cita. (2) Nilai moral dalam novel Selalu Ada Kapal untuk Pulang ada empat yaitu: (a) hubungan manusia dengan Tuhan (salat, membaca Alquran, melantunkan kasidah, berdoa); (b) hubungan manusia dengan diri sendiri (pantang menyerah, pendirian kuat, sungguh-sungguh, jujur); (c) hubungan manusia dengan manusia (tolong-menolong, pengabdian, rela berkorban, persahabatan, peduli); (d) hubungan manusia dengan alam sekitar yaitu memuji keindahan alam. (3) Rencana pelaksanaan pembelajaran novel Selalu Ada Kapal untuk Pulang di SMA dengan tahap awal, inti, dan akhir. Pada tahap awal, guru mengondisikan siswa agar siap menerima pelajaran. Pada kegiatan inti, guru menerangkan materi unsur intrinsik dan nilai moral. Kemudian guru menyuruh siswa untuk berdiskusi membahas unsur intrinsik dan nilai moral setelah itu siswa menyampaikan hasil diskusinya, dan pada tahap penutup guru merefleksi kegiatan pembelajaran serta menanamkan nilai moral yang terkandung di dalam novel tersebut. en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account