Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA MELALUI METODEPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VIII B DI SMP NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2014/2015

Show simple item record

dc.contributor.author Baskoro, Yoga Adhi
dc.date.accessioned 2018-02-09T07:20:56Z
dc.date.available 2018-02-09T07:20:56Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1849
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterampilan menyimak cerita Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Susukan Kabupaten Banjarnegara tahun ajaran 2014/2015, (2) pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam peningkatkan keterampilan menyimak cerita pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Susukan Kabupaten Banjarnegara tahun 2014/2015., dan (3) pengaruh positif dan signifikan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam peningkatkan keterampilan menyimak cerita pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Susukan Kabupaten Banjarnegara tahun 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII yang keseluruhan kelasnya berjumlah dua kelas. Dalam penelitian ini digunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu Siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Susukan Kabupaten Banjarnegara. Dalam pengumpulan data penelitian ini digunakan teknik tes dan nontes. Instrumen berupa tes dan lembar pengamatan. Dalam analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik. Dalam penyajian data penelitian ini digunakan penyajian informal maupun formal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Susukan Kabupaten Banjarnegara tahun 2014/2015 memiliki tingkat kemampuan masih rendah. Beberapa masalah yang dihadapi dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya yaitu kesulitan siswa dalam menerima maupun menguasai materi menyimak cerita, (2) adanya penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam peningkatkan keterampilan menyimak cerita pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Susukan Kabupaten Banjarnegara tahun 2014/2015 mengalami pengaruh yang baik, yaitu: (1) pada tahap prasiklus nilai rata-rata 70.82 yaitu 13 siswa mendapat nilai di atas KKM atau 38.23%. Pada tindakan siklus I terjadi peningkatan dibandingkan prasiklus. Pada siklus perolehan nilai siswa pada kompetensi dasar Menyimak Cerita cukup baik. Dari 34 siswa kelas VIII B yang mendapatkan nilai di atas KKM sejumlah 20 siswa dengan ketuntasan 58.82% dengan nilai rata-rata 76.35 dan (2) pada siklus II, perolehan nilai siswa meningkat dari siklus sebelumnya. Jika pada siklus I jumlah siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM hanya 20 siswa, pada siklus II jumlah siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM sebanyak 28 siswa dengan ketuntasan 82.35% dengan nilai rata-rata 82.70, dan (3) dengan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam peningkatkan keterampilan menyimak cerita pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Susukan Kabupaten Banjarnegara tahun 2014/2015 terdapat pengaruh positif dan signifikan. Dikatakan positif, sebab pada prasiklus, siklus pertama dan kedua, penggunaan metode ini selalu memberikan peningkatan nilai. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Peningkatan kemampuan menyimak cerita, Think Pair Share en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA MELALUI METODEPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VIII B DI SMP NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2014/2015 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account