Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM NOVEL BURUNGBURUNG CAHAYA KARYA JUSUF AN DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Anindito, Banu
dc.date.accessioned 2018-02-09T07:24:57Z
dc.date.available 2018-02-09T07:24:57Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1850
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2) nilai pendidikan budi pekerti; dan (3) relevansi sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Burung-burung Cahaya karya Jusuf AN. Data penelitian ini berupa kutipan-kutipan dari novel Burung-burung Cahaya karya Jusuf AN. Teknik pengumpulan data digunakan teknik pustaka dan teknik simak dan catat. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dibantu kartu pencacat data, bolpoin, pensil dan buku-buku yang relevan yang mendukung sebagai acuan. Teknik analisis data digunakan content analysis atau analisis isi. Penyajian hasil analisis digunakan metode informal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Burung-burung Cahaya karya Jusuf AN terdiri dari: (a) tema: perjuangan, (b) tokoh utama Rijal berkarakter: sopan, percaya diri, ramah dan murah senyum, rajin beribadah dan setia; tokoh tambahan: Ummi Rukiyah, Alfan, Zaulaikha, Shinta, Kiai Murtadho, (c) alur yang digunakan alur maju, (d) latar terdiri dari: latar tempat meliputi: pesantren An Nur, Jombang, Pesantren Al Mubarok, Yogyakarta, pantai Parangtritis, Tuban, Malang; latar waktu terjadi tahun 2007 sampai dengan tahun 2012 dengan ditandai peristiwa runtuhnya WTC dan serangan pesawat ke Gedung Putih; dan latar sosial terjadi pada kehidupan sosial masyarakat yang terpengaruh budaya pesantren yang Islami dan budaya individualitas yang penuh kebebasan modern, (e) sudut pandang: orang pertama serba tahu; (2) nilai pendidikan budi pekerti dalam novel Burung-burung Cahaya karya Jusuf AN mencakup 10 aspek, yaitu: (a) religiusitas, (b) hidup bersama orang lain, (c) gender, (d) keadilan, (e) demokrasi, (f) kejujuran, (g) kemandirian, (h) daya juang, (i) tanggung jawab, dan (j) penghargaan terhadap alam; (3) relevansi novel Burung-burung Cahaya karya Jusuf AN sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA masih sangat relevan. Dengan melihat kenyataan dan keadaan tentang kegunaan serta manfaat keempat nilai pendidikan yang terdapat dalam novel untuk pembentukan sikap dan karakter anak didik di SMA. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Nilai pendidikan budi pekerti, novel, materi pembelajaran di SMA viii en_US
dc.title NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM NOVEL BURUNGBURUNG CAHAYA KARYA JUSUF AN DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account