Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Menulis Paragraf Berhuruf Jawa dengan Model STAD pada Siswa Kelas VIII B SMP Muhammadiyah Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Mawaddah, Fatma Nurul
dc.date.accessioned 2018-02-09T07:28:42Z
dc.date.available 2018-02-09T07:28:42Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1853
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran menulis paragraf berhuruf Jawa dengan model STAD pada siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah Purworejo; (2) peningkatan motivasi belajar menulis paragraf berhuruf Jawa dengan model STAD pada siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah Purworejo; (3) peningkatan hasil belajar menulis paragraf berhuruf Jawa dengan model STAD pada siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah Purworejo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah Purworejo yang berjumlah 31 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan motivasi dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain menurut Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel penelitian meliputi variabel bebas yaitu model STAD dan variabel terikat yaitu motivasi dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes yaitu tes, observasi, dan kuesioner. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa lembar soal dan instrumen nontes berupa lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yaitu teknik kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian data menggunakan teknik informal. Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan pembelajaran menulis paragraf berhuruf Jawa dengan model STAD pada siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah Purworejo, yaitu: peneliti menjelaskan materi menulis paragraf berhuruf Jawa; peneliti memberi kesempatan siswa untuk bertanya; peneliti membagi siswa dalam 7 kelompok dengan kemampuan berbeda; peneliti memberikan tugas kelompok; peneliti memberikan soal tes individu; siswa mengumpulkan pekerjaan kepada peneliti.; (2) peningkatan motivasi dapat dilihat dari hasil kuesioner motivasi belajar siswa, yaitu pada prasiklus persentase keberhasilan motivasi belajar siswa sebesar 49,6% dengan kategori kurang baik sekali. Pada siklus I persentase keberhasilan motivasi belajar siswa meningkat menjadi 75,4% dengan kategori cukup baik. Pada siklus II persentase keberhasilan motivasi siswa kembali meningkat menjadi 85,2% dengan kategori baik; (3) peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil prasiklus yang tuntas 9 siswa atau 29% dari 31 siswa dan rata-rata nilai kelas 53,9. Pada siklus I mengalami peningkatan, siswa yang tuntas 19 siswa atau 61% dari 31 siswa dan rata-rata nilai kelas 72,6. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa tuntas menjadi 25 siswa atau 81% dari 31 siswa dan rata-rata nilai kelas 80,6. en_US
dc.publisher PBSJ-FKIP en_US
dc.subject model STAD, motivasi dan hasil belajar, SMP Muhammadiyah Purworejo en_US
dc.title Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Menulis Paragraf Berhuruf Jawa dengan Model STAD pada Siswa Kelas VIII B SMP Muhammadiyah Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account