Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) unsur intrinsik
kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi, (2) nilai religius (ekstrinsik) yang
terkandung dalam kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi, dan (3)
pembelajarannya melalui analisis nilai religius kumpulan cerpen Ketika Mas
Gagah Pergi.
Populasi penelitian ini terdiri dari empat belas cerpen dalam kumpulan
cerpen Ketika Mas Gagah Pergi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
berjumlah delapan cerpen, yakni 1)Ketika Mas Gagah Pergi; 2) Jalinan Kasih dar
Gerbong Kereta Api; 3) Diary Adelia di Salsabila; 4)Rumondang; 5) Rapsodi
September; 6) Selagi AdaKesempatan; 7) Mami; 8) Jilbab Pendekar karya Helvy
Tiana Rosa. Sampel penelitian tersebut ditentukan menggunakan teknik pustaka,
analisis ini dilakukan dengan metode analisis isi dan disajikan data dengan teknik
informal untuk menyajikan hasil analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Unsur intrinsik dalam kumpulan
cerpen Ketika Mas Gagah Pergi, yaitu (a) temanya rangkaian perjalanan hidup
(spiritual), (b) alur alur yang digunakan dalam kedelapan kumpulan cerpen Ketika
Mas Gagah Pergi yaitu menggunakan alur maju, (c) latar yang digunakan dalam
kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi adalah latar tempat, (d) penggambaran
karakter (penokohan) tokoh-tokoh dalam kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah
Pergi diungkapkan secara langsung atau analitik, (e) sudut pandang yang
digunakan adalah sudut pandang orang pertama dan orang kedua, (f) amanat yang
digunakan dalam kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi adalah kita sebagai
muslimah sejati harus dapat mengisi kebaikan dalam hidup kita karena kita tidak
tahu kapan kematian menjemput, menghargai orang lain, dan sebagai muslimah
yang baik kita harus menjaga aurat karena itu adalah perintah dari Allah. (2) Nilai
religius tokoh perempuan dalam kumpulan cerpen Ketika Mas Gagah Pergi karya
Helvy Tiana Rosa mencakup tiga aspek, terdiri dari: a) hubungan manusia dengan
Tuhan, hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan diri
sendiri. Pembelajaran kumpulan cerpenKetika Mas Gagah Pergi di SMA sesuai
dengan Standar Kompetensi 3 dan 4, dan Kompetensi Dasar nomor 3.1 dan 4.1.
Dengan pendekatan Quantum Learningyang terdiri dari enam langkah pokok yang
dapat disingkat TANDUR, yaitu Tumbuhkan, Alami. Namai, Demonstrasikan,
Ulangi, dan Rayakan.