Abstract:
Tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1)
pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) bahasa Jawa bermuatan kearifan lokal
untuk siswa kelas X SMA di Kabupaten Kebumen, dan (2) mengetahui efektifitas
produk Lembar Kerja Siswa (LKS) bahasa Jawa bermuatan kearifan lokal untuk
siswa kelas X SMA di Kabupaten Kebumen.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Pengembangan (Research and Development). Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Instrumen
penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel, pedoman observasi, dokumentasi,
wawancara, dan angket. Sumber data penelitian ini berupa soal evaluasi untuk siswa
kelas X. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan
kuantitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode
penyajian informal.
Dari hasil penelitian pengembangan ini disimpulan bahwa: (1) pengembangan
LKS bahasa Jawa bermuatan kearifan lokal untuk memberdayakan keterampilan
proses dengan pendekatan saintifik yaitu menggunakan teknik R&D (Research and
development) yang dimodifikasi melalui 10 tahapan dengan tahap terakhir dilakukan
produk akhir tanpa dilakukannya produksi massal, (2) LKS bahasa Jawa layak
digunakan sebagai buku pegangan siswa di sekolah, dan (3) uji kompetensi diperoleh
persentase dari hasil postes pada kelas kontrol dan eksperimen. Hasil rata-rata 70,98
dan 80 dengan selisih 0,81.