Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Meningkatkan Kreativitas dan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) Terhadap Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Aqilla, Nesa
dc.date.accessioned 2018-02-09T07:31:58Z
dc.date.available 2018-02-09T07:31:58Z
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1856
dc.description.abstract Muhammadiyah Purworejo. 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, di mana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk mengukur kreativitas siswa, serta tes untuk mengukur pemahaman konsep matematika siswa. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Pada kreativitas di siklus I sebesar 32,25% menunjukkan bahwa siswa masih malu untuk bertanya maupun berpendapat dan kurang yakin dalam bertindak lalu mengalami peningkatan di siklus II sebesar 70,96% dengan siswa sudah berani berpendapat maupun tampil percaya diri saat presentasi tanpa adanya keraguan dan sudah berani untuk berpendapat mengeluarkan ide-ide atau gagasan yang bervariasi. Pada pemahaman konsep matematika di siklus I sebesar 63,67% menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan dalam memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, siswa belum mampu mengklasifikasikan objekobjek menurut sifat-sifat tertentu dan siswa belum dapat mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep lalu di siklus II mengalami peningkatan sebesar 77,77% dengan siswa mampu meningkatkan kerurangan-kekurangan yang ada pada siklus sebelumnya. Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa persentase hasil observasi kreativitas siswa dengan penerapan model pembelajaran AIR sudah mencapai 70% siswa dengan predikat baik dan rerata hasil tes pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR sudah mencapai predikat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran AIR dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep matematika siswa en_US
dc.subject AIR (Auditory, Intellectually, Repetition), Kreativitas, Pemahaman Konsep en_US
dc.title Meningkatkan Kreativitas dan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) Terhadap Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account