Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana kebutuhan Lembar Kerja Siswa di sekolah (2) mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan dan keefektifan LKS berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yakni mengembangkan lembar kerja siswa berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Poncowarno tahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes.
Proses pelaksanaan penelitian pengembangan ini mengikuti langkah penelitian model ADDIE. Sebelum Lembar Kerja Siswa diuji dan diproduksi secara masal, LKS berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah ini harus memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan yang diperoleh dari hasil analisis lembar validasi, lembar kepraktisan (angket respon siswa dan respon guru), dan soal post tes pada uji coba. Kevalidan LKS berbasis kontekstual diketahui dengan melihat hasil penilaian serta kritik dan saran dari ahli materi dan ahli media. Kepraktisan LKS berbasis kontekstual diketahui dengan melihat hasil respon siswa dan guru dengan kriteria yang telah ditentukan. Keefektifan LKS diketahui dengan melihat hasil ketuntasan belajar klaksikal siswa. Berdasarkan analisis terhadap seluruh data yang didapat dari penelitian tersebut diperoleh bahwa: 1) Lembar kerja siswa berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa adalah valid, 2) Lembar Kerja Siswa praktis digunakan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan siswa, 3) Lembar Kerja Siswa berbasis kontekstual efektif digunakan dalam pembelajaran untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa.