Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Sulastri, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-09T07:37:29Z
dc.date.available 2018-02-09T07:37:29Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1859
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana kebutuhan Lembar Kerja Siswa di sekolah (2) mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan dan keefektifan LKS berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yakni mengembangkan lembar kerja siswa berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Poncowarno tahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Proses pelaksanaan penelitian pengembangan ini mengikuti langkah penelitian model ADDIE. Sebelum Lembar Kerja Siswa diuji dan diproduksi secara masal, LKS berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah ini harus memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan yang diperoleh dari hasil analisis lembar validasi, lembar kepraktisan (angket respon siswa dan respon guru), dan soal post tes pada uji coba. Kevalidan LKS berbasis kontekstual diketahui dengan melihat hasil penilaian serta kritik dan saran dari ahli materi dan ahli media. Kepraktisan LKS berbasis kontekstual diketahui dengan melihat hasil respon siswa dan guru dengan kriteria yang telah ditentukan. Keefektifan LKS diketahui dengan melihat hasil ketuntasan belajar klaksikal siswa. Berdasarkan analisis terhadap seluruh data yang didapat dari penelitian tersebut diperoleh bahwa: 1) Lembar kerja siswa berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa adalah valid, 2) Lembar Kerja Siswa praktis digunakan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan siswa, 3) Lembar Kerja Siswa berbasis kontekstual efektif digunakan dalam pembelajaran untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Kontekstual, Pemecahan masalah en_US
dc.title Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account