Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII B MTS MA’ARIF NU 02 BRUNO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Kharis, Imron
dc.date.accessioned 2018-02-09T07:38:48Z
dc.date.available 2018-02-09T07:38:48Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1861
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran menulis puisi dengan model pembelajaran Picture and Picture, (2) pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap aktivitas dan minat siswa kelas VII B MTs Ma‟arif NU 02 Bruno tahun pelajaran 2015/2016, (3) peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII B MTs Ma‟arif NU 02 Bruno dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian kolaboratif dengan pihak lain untuk menciptakan kinerja guru yang lebih baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pengamatan; (4) tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Adapun dalam teknik penyajian hasil analisis data menggunakan metode penyajian informal. Dalam hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis puisi dengan model pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas VII B MTs Ma‟arif NU 02 Bruno dilakukan dalam enam tahap, yaitu (a) guru menyampaikan materi tentang menulis puisi, (b) guru menjelaskan langkah-langkah menulis puisi, (c) guru memberikan contoh puisi, (d) guru menjelaskan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran menulis puisi, (e) guru memberikan tugas menulis puisi kepada siswa, (f) guru menghimbau siswa untuk menulis puisi dengan bahasa sendiri; (2) pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap aktivitas dan minat siswa kelas VII B MTs Ma‟arif NU 02 Bruno tahun pelajaran 2015/2016 dapat dikategorikan menjadi lebih baik. Pengaruh tersebut dapat dibuktikan dari hasil observasi yang mengalami peningkatan dari tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II, (a) keaktifan siswa dalam menanggapi stimulus dari guru pada tahap prasiklus sebesar 45,83%, siklus I sebesar 65,38%, dan pada siklus II sebesar 96,15%; (b) keaktifan siswa bertanya pada guru saat pembelajaran berlangsung pada tahap prasiklus sebesar 20,83%, siklus I sebesar 26,92%, dan pada siklus II sebesar 38,46%; (c) keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas menulis puisi pada tahap prasiklus sebesar 45,83, pada siklus I sebesar 61,54%, dan pada siklus II sebesar 84,62%, (3) peningkatan keterampilan menulis puisi siswa dapat dilihat berdasarakan hasil pada tahap prasiklus, nilai rata-rata menulis puisi masih rendah yaitu 43,79. Pada tahap siklus I, nilai rata-rata kelas naik menjadi 60,77. Pada siklus II nilai rata-rata kelas kembali mengalami peningkatan menjadi 72,58. Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa siswa sudah mampu menulis puisi dengan baik sesuai dengan kriteria yang telah ditetapka en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject keterampilan menulis puisi, model Picture and Picture, kelas VII. en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII B MTS MA’ARIF NU 02 BRUNO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account