Abstract:
Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul matematika tiga dimensi,
serta untuk mengetahui kelayakan modul matematika tiga dimensi yaitu
memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development)
dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan berupa
lembar validasi penilaian modul oleh ahli untuk mengukur validitas modul, angket
respons siswa untuk mengukur kepraktisan modul, dan hasil tes prestasi belajar
untuk mengukur kefektifan modul.
Tahap dari penelitian ini diperoleh (1) tahap analysis, diperoleh
informasi media pembelajaran yang digunakan siswa berupa LKS MGMP (2)
tahap design, yaitu melakukan penysunan rencana pembuatan modul (3) tahap
development, yaitu menghasilkan modul (draft I) dan melakukan penilaian
validasi modul oleh ahli, (4) tahap implementation, yaitu penerapan modul dalam
pembelajaran uji coba terbatas dan uji coba luas, dan (5) tahap evaluation, yaitu
diperoleh penilaian terhadap kelayakan modul yang dikembangkan. Berdasarkan
hasil analisis dari penilaian ahli dan uji coba luas diperoleh rerata skor dari ahli
materi sebesar 3,31 dengan kategori valid dan ahli media sebesar 3,30 dengan
kategori sangat valid. Respons siswa terhadap modul matematika diperoleh skor
sebesar 4,25 termasuk dalam kategori sangat baik. Dari 32 siswa yang mengikuti
tes prestasi belajar dengan KKM 72, diperoleh persentase ketuntasan tes prestasi
belajar secara klasikal sebesar 75% termasuk dalam kategori baik. Sehingga
modul matematika tiga dimensi materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP
layak digunakan karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.