Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Modul Matematika Tiga Dimensi Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP

Show simple item record

dc.contributor.author Bagaskara, Aria
dc.date.accessioned 2018-02-09T07:40:15Z
dc.date.available 2018-02-09T07:40:15Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1862
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul matematika tiga dimensi, serta untuk mengetahui kelayakan modul matematika tiga dimensi yaitu memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi penilaian modul oleh ahli untuk mengukur validitas modul, angket respons siswa untuk mengukur kepraktisan modul, dan hasil tes prestasi belajar untuk mengukur kefektifan modul. Tahap dari penelitian ini diperoleh (1) tahap analysis, diperoleh informasi media pembelajaran yang digunakan siswa berupa LKS MGMP (2) tahap design, yaitu melakukan penysunan rencana pembuatan modul (3) tahap development, yaitu menghasilkan modul (draft I) dan melakukan penilaian validasi modul oleh ahli, (4) tahap implementation, yaitu penerapan modul dalam pembelajaran uji coba terbatas dan uji coba luas, dan (5) tahap evaluation, yaitu diperoleh penilaian terhadap kelayakan modul yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis dari penilaian ahli dan uji coba luas diperoleh rerata skor dari ahli materi sebesar 3,31 dengan kategori valid dan ahli media sebesar 3,30 dengan kategori sangat valid. Respons siswa terhadap modul matematika diperoleh skor sebesar 4,25 termasuk dalam kategori sangat baik. Dari 32 siswa yang mengikuti tes prestasi belajar dengan KKM 72, diperoleh persentase ketuntasan tes prestasi belajar secara klasikal sebesar 75% termasuk dalam kategori baik. Sehingga modul matematika tiga dimensi materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP layak digunakan karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Pengembangan, Modul Matematika, Tiga Dimensi, ADDIE en_US
dc.title Pengembangan Modul Matematika Tiga Dimensi Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account