Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SAPURAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Mila, Khanisatul
dc.date.accessioned 2018-02-09T07:44:27Z
dc.date.available 2018-02-09T07:44:27Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1864
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi (1) penerapan pembelajaran menggunakan media gambar berseri dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi analisis proses pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sapuran, (2) pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap proses pembelajaran keterampilan menulis eksposisi analisis proses pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sapuran, (3) peningkatan keterampilan hasil menulis eksposisi analisis proses siswa kelas X SMA Negeri 1 Sapuran setelah menggunakan media gambar berseri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SOS SMA Negeri 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 25 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa tes menulis eksposisi analisis proses, sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi, lembar jurnal siswa, lembar jurnal guru dan dokumentasi foto. Dalam analisis data digunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini, teknik penyajian analisis data yang digunakan adalah teknik informal. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa; (1) Penerapan pembelajaran keterampilan menulis eksposisi analisis proses menggunakan media gambar berseri, siswa (a) diberi tugas untuk mengamati atau mengidentifikasi gambar berseri, (b) menentukan tema dan judul sesuai dengan gambar berseri yang telah disediakan, memaparkan proses sebenarnya dan memberi penjelasan tentang bagaimana terjadinya sesuatu, atau bagaimana membuat dan mengerjakan sesuatu, (c) mengembangkan judul yang telah dipilih dan dijadikan sebuah karangan eksposisi. (2) Perubahan tingkah laku siswa dapat dilihat berdasarkan hasil data observasi pada tiap siklusnya. Pada lembar observasi prasiklus siswa yang tidak memperhatikan dan melakukan kegiatan yang tidak perlu ada 60 %, lalu pada siklus I berkurang menjadi 40%, sedangkan pada siklus II menjadi 12%. Jadi, penurunan perilaku negatif siswa dari prasiklus sampai siklus II adalah 48%. (3) Peningkatan hasil keterampilan menulis eksposisi dapat diketahui dari nilai rata-rata pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa adalah 65,2. Pada siklus I, terjadi peningkatan 9,16 dari siklus sebelumnya menjadi 74,32 terhadap nilai rata-rata siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan 4,44 dari siklus I menjadi 78,76 terhadap nilai rata-rata siswa. Jadi, total peningkatan dari prasiklus sampai siklus II adalah 13,34. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Keterampilan Menulis Eksposisi Analisis Proses, Media Gambar Berseri. en_US
dc.title PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SAPURAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account