Abstract:
pemahaman konsep matematika denganpenerapan model pembelajaranConceptual
Understanding Prosedures(CUPs) padasiswakelas VIII A SMP N 33
PurworejoTahunPelajaran 2016/2017.
JenispenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas
(PTK).Subjeknyaadalahsiswakelas VIII A SMP N 33 PurworejoTahunPelajaran
2016/2017 yang berjumlah 33 siswa, yang terdiridari 12 siswaperempuandan 21
siswalaki-laki. PenelitianinidilaksanakanpadabulanNovember 2016 - Juli
2017.Penelitianinimenggunakanmetodetes, metodedokumentasi,
danmetodeobservasisebagaiteknikpengumpulan data. Data yang diperoleh dalam
penelitian ini dianalisis menggunakan kualitatif secara deskriptif.
Berdasarkanpenelitianinimenunjukkanbahwapemahamankonsepmatematik
asiswakelas VIII A SMP N 33 PurworejoTahunPelajaran 2016/2017 dengan
model CUPs meningkat,
haliniditunjukkandarihasiltespemahamankonseppadasiklus I yaitu 42,42%
termasukdalamkategorikurangsekalimeningkatpadasiklus II yaitu 78,79%
termasukdalamkategoribaik. Sebelum model pembelajaran CUPs
diterapkansiswasangatpasifdandalammengerjakanlatihansoaltidaksesuaiprosedur.
Ditunjukkanmelaluicatatanlapanganbahwasetelah model pembelajaran CUPs
diterapkansiswasudahmampumenyatakanulangkonsep yang telahdipelajari,
dapatmengklarifikasikanobjek-objekberdasarkankonsepmatematika,
dapatmenerapkankonsepsecaraalgoritma,
dapatmemberikancontohdankontracontohdarikonsep yang dipelajari,
dapatmenyajikankonsepdalamberbagairepresentasi,
dandapatmengaitkanberbagaikonsepmatematikasecara internal ataueksternal.