Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Kemampuan Menulis Wacana Narasi Ekspositoris Berbahasa Jawa dengan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Pada Siswa Kelas VIII/2 SMP Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Winarnie, Sugie
dc.date.accessioned 2018-02-09T07:48:15Z
dc.date.available 2018-02-09T07:48:15Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1866
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pembelajaran menulis wacana narasi ekspositoris berbahasa Jawa dengan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition); 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis wacana narasi ekspositoris berbahasa Jawa dengan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition Contextual Teaching And Learning) pada siswa kelas VIII/2 SMP Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen; 3) perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis wacana narasi ekspositoris berbahasa Jawa dengan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Klirong Kebumen pada bulan Agustus 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII/2 yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah kemampuan siswa dalam menulis wacana narasi berbahasa Jawa dengan metode CIRC. Penelitian ini terdiri dari tiga kali kegiatan, yaitu kegiatan prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus mengacu pada prosedur penelitian yaitu rencana, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa dengan menggunakan metode CIRC mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis wacana narasi ekspositoris berbahasa Jawa. Penerapan pembelajaran menulis dengan metode CIRC meliputi; (1) prasiklus, yaitu hasil menulis wacana narasi siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa. (2) siklus I, berisi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. (3) siklus II merupakan kelanjutan dan perbaikan dari siklus I. Langkah-langkah pembelajaran model CIRC yaitu; (1) membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang; (2) Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran; (3) Siswa bekerja saling membacakan dan menemukan ide pokok serta memberi tanggapan terhadap wacana/kliping; (4) Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok; (5) Guru membuat kesimpulan bersama; (6) Penutup, hasil tes pada prasiklus persentase ketuntasan sebesar 34% dengan nilai rata-rata kelas 68,43. Siklus I persentase ketuntasannya 72% dengan nilai rata-rata kelas 75,00. Pada siklus II persentase ketuntasannya 94% dengan nilai rata-rata kelas 87,5. Peningkatan perubahan tingkah laku siswa dengan metode CIRC yaitu siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran pada prasiklus rata-rata siswa yang diperoleh 44,16, pada siklus I rata-rata siswa yang di peroleh mencapai 78,01%, sedangkan pada pembelajaran di siklus II rata-rata siswa meningkat menjadi 88,12%. en_US
dc.publisher PBSJ-FKIP en_US
dc.subject Wacana Narasi Ekspositoris, Cooperative Integrated Reading And Composition en_US
dc.title Peningkatan Kemampuan Menulis Wacana Narasi Ekspositoris Berbahasa Jawa dengan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Pada Siswa Kelas VIII/2 SMP Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account