Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) penerapan media audio
sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menyimak berita pada siswa
kelas VIII E SMP Negeri 19 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016. (2) pengaruh
penggunaan media audio terhadap sikap dan minat belajar menyimak berita pada
siswa kelas VIII E SMP Negeri 19 Purworejo Tahun ajaran 2015/2016, (3)
peningkatan keterampilan menyimak berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia
dengan menggunakan media audio pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 19
Purworejo Tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 19 Purworejo tahun ajaran
2015/2016 sebanyak 31 siswa. Pelaksanaan pembelajaran menyimak berita terdiri
dari tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan teknik tes dan nontes yang meliputi: observasi, angket, dan
dokumentasi foto. Dalam analisis data digunakan teknik deskriptif dan kuantitatif.
Dalam teknik penyajian hasil analisis data digunakan teknik formal dan informal.
Setelah dilaksanakan penelitian pembelajaran menyimak berita dapat
disimpulkan: (1) proses pelaksanaan pembelajaran menyimak berita dengan
menggunakan media audio pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 19 Purworejo
dilaksanakan beberapa tahap, yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada
tahap prasiklus, proses pembelajaran menyimak berita masih menggunakan
metode ceramah, sedangkan pada siklus I dan siklus II pembelajaran menyimak
berita menggunakan media audio sebagai upaya untuk memudahkan siswa dalam
mencari informasi dalam sebuah berita, (2) pengaruh media audio pada
pembelajaran menyimak berita pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 19 Purworejo
mampu meningkatkan minat dan sikap belajar siswa. Persentase rata-rata minat
dan sikap belajar siswa tahap prasiklus sebesar 68,41% dan tahap siklus I
meningkat menjadi 77,77% atau meningkat sebanyak 9,36%. Pada tahap siklus II
mencapai 98,38% atau meningkat sebanyak 20,61%. Minat dan sikap belajar
siswa dari tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II meningkat sebanyak 29,97%, (3)
peningkatan keterampilan menyimak berita dengan media audio pada siswa kelas
VIII E SMP Negeri 19 Purworejo setelah diadakannya penelitian keterampilan
menyimak berita dengan menggunakan media audio. Hasil nilai rerata pada tahap
prasiklus sebesar 69,52, dan pada siklus I hasil nilai rerata siswa meningkat
menjadi 78,06, sedangkan pada tahap siklus II kembali meningkat menjadi 85,32.