Abstract:
keaktifan siswa kelas VII E SMP Negeri 6 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII E SMP Negeri 6 Purworejo
yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan.
Pengumpulan data menggunakan metode angket dan observasi. Instrumen yang
digunakan berupa angket kepercayaan diri, lembar observasi keaktifan belajar,
dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data menggunakan
teknik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model
treffinger dapat meningkatkan (1) kepercayaan diri yaitu siswa mampu
mengungkapkan dan mengembangkan gagasan yang dimilikinya. Perolehan
persentase rata-rata kepercayaan diri yaitu 63,50% dengan predikat cukup pada
siklus I, dan meningkat pada siklus II menjadi 75,78% dengan predikat baik. (2)
Keaktifan siswa yaitu siswa dapat aktif berdiskusi dalam menyelesaikan
permasalahan matematika. Perolehan rerata persentase hasil keaktifan siswa pada
siklus I sebesar 63,50% dengan predikat cukup dan mengalami kenaikan pada
siklus II menjadi 76,89% dengan predikat baik. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model treffinger dapat meningkatkan
kepercayaan diri dan keaktifan siswa kelas VII E SMP Negeri 6 Purworejo.