Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel
Jilbab In Love karya Asma Nadia; (2) nilai moral novel Jilbab In Love karya
Asma Nadia; (3) skenario pembelajaran sastra pada novel Jilbab In Love karya
Asma Nadia.
Objek penelitian ini adalah aspek nilai moral novel Jilbab In Love karya
Asma Nadia. Fokus penelitian ini adalah nilai moral yang meliputi: hubungan
manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia termasuk hubungan
manusia dengan alam sekitar, dan hubungan manusia dengan dirinya sendiri serta
skenario pembelajarannya di SMA. Sumber data berupa novel dan kutipan
langsung ataupun tidak langsung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
kartu pencatat data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan
dengan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini
adalah analisis isi. Hasil analisis disajikan dengan teknik penyajian informal.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik terdiri
dari: tema: kehidupan seorang remaja yang memiliki persahabatan dan cinta kasih
terhadap sesama; tokoh: tokoh utama: Aisyah Putri dan tokoh tambahan: Vincent,
Harap, Hamka, Idwar, Mama, Linda, Retno, Elisa, Icha, Encun Campbell, Eki,
Anton, Mimi, ayu, Pinoy dan Don; alur: maju; latar: terdapat latar tempat: rumah
Aisyah, rumah Encun, SMA 2000, kantin sekolah, Mushola SMA 2000; latar
waktu: pagi, siang dan malam hari; dan latar sosial: kehidupan sosial seseorang
yang memiliki kepedulian dengan sesamanya; sudut pandang: orang ketiga
dengan menyebut nama ganti “ia”; (2) nilai moral novel Jilbab In Love karya
Asma Nadia meliputi tiga aspek, yaitu: a) hubungan manusia dengan tuhan:
berdoa, salat dan bersyukur; b) hubungan manusia dengan manusia lain termasuk
hubungan manusia dengan alam sekitar: keakraban, memberi semangat, tolong
menolong, memuji dan menasihati, serta hubungan manusia dengan alam adalah
memuji keindahan alam: c) hubungan manusia dengan dirinya sendiri: sikap
mandiri, kasih sayang, dan sikap bijak; (3) skenario pembelajaran novel Jilbab In
Love karya Asma Nadia sesuai dengan kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsurunsur
intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia terjemahan. Model pembelajaran
yang digunakan adalah model kooperatif two–stay-two-stray. Langkah-langkah
pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup.
Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran novel Jilbab In Love meliputi aspek
kognitif (pengetahuan), psikomotorik (keterampilan), dan afektif (sikap).