Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI MORAL NOVEL JILBAB IN LOVE KARYA ASMA NADIA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Astuti, Rina
dc.date.accessioned 2018-02-09T08:00:01Z
dc.date.available 2018-02-09T08:00:01Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1874
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Jilbab In Love karya Asma Nadia; (2) nilai moral novel Jilbab In Love karya Asma Nadia; (3) skenario pembelajaran sastra pada novel Jilbab In Love karya Asma Nadia. Objek penelitian ini adalah aspek nilai moral novel Jilbab In Love karya Asma Nadia. Fokus penelitian ini adalah nilai moral yang meliputi: hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia termasuk hubungan manusia dengan alam sekitar, dan hubungan manusia dengan dirinya sendiri serta skenario pembelajarannya di SMA. Sumber data berupa novel dan kutipan langsung ataupun tidak langsung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kartu pencatat data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi. Hasil analisis disajikan dengan teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik terdiri dari: tema: kehidupan seorang remaja yang memiliki persahabatan dan cinta kasih terhadap sesama; tokoh: tokoh utama: Aisyah Putri dan tokoh tambahan: Vincent, Harap, Hamka, Idwar, Mama, Linda, Retno, Elisa, Icha, Encun Campbell, Eki, Anton, Mimi, ayu, Pinoy dan Don; alur: maju; latar: terdapat latar tempat: rumah Aisyah, rumah Encun, SMA 2000, kantin sekolah, Mushola SMA 2000; latar waktu: pagi, siang dan malam hari; dan latar sosial: kehidupan sosial seseorang yang memiliki kepedulian dengan sesamanya; sudut pandang: orang ketiga dengan menyebut nama ganti “ia”; (2) nilai moral novel Jilbab In Love karya Asma Nadia meliputi tiga aspek, yaitu: a) hubungan manusia dengan tuhan: berdoa, salat dan bersyukur; b) hubungan manusia dengan manusia lain termasuk hubungan manusia dengan alam sekitar: keakraban, memberi semangat, tolong menolong, memuji dan menasihati, serta hubungan manusia dengan alam adalah memuji keindahan alam: c) hubungan manusia dengan dirinya sendiri: sikap mandiri, kasih sayang, dan sikap bijak; (3) skenario pembelajaran novel Jilbab In Love karya Asma Nadia sesuai dengan kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsurunsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia terjemahan. Model pembelajaran yang digunakan adalah model kooperatif two–stay-two-stray. Langkah-langkah pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran novel Jilbab In Love meliputi aspek kognitif (pengetahuan), psikomotorik (keterampilan), dan afektif (sikap). en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Nilai moral, Novel, Skenario pembelajaran en_US
dc.title NILAI MORAL NOVEL JILBAB IN LOVE KARYA ASMA NADIA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account