dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengembangan modul
mata pelajaran Bahasa Jawa pokok bahasan menulis aksara Jawa untuk kelas VIII
SMP Negeri 4 Purworejo; (2) efektivitas pengembangan modul mata pelajaran
Bahasa Jawa pokok bahasan menulis aksara Jawa untuk kelas VIII SMP Negeri 4
Purworejo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan
(Research and Development). Prosedur penelitian yang dilakukan adalah analisis
potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi
prototipe, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk. Data
dalam penelitian ini adalah angket kebutuhan dan deskripsi uji ahli, data tentang
tanggapan siswa menegenai modul, dan hasil kerja ilmiah siswa yang telah
diamati oleh observer selama proses pembelajaran. Pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan angket yang meliputi angket observasi, angket
kebutuhan dan angket uji ahli. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan modul menulis aksara Jawa dengan judul
“Ayo sinau nulis aksara Jawa.” Kelayakan modul didasarkan atas penilaian
terhadap modul oleh hasil uji coba produk awal berdasarkan validasi ahli yang
telah melalui tahap revisi. Dari uji efektivitas diperoleh presentase dari hasil
postes pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Adapun hasil analisis
data rata-rata nilai postes dari kelas kontrol 68,81 dan kelas eksperimen 78,59,
dapat diketahui ada peningkatan nilai pada postes kelas eksperimen dengan selisih
9,78. |
en_US |