Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik dalam novel
Api Tauhid Karya Habiburrahman El Shirazy; (2) nilai pendidikan akhlak dalam
novel Api Tauhid Karya Habiburrahman El Shirazy; dan (3) skenario pembelajaran
unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Api Tauhid
Karya Habiburrahman El Shirazy di kelas XI SMA.
Objek penelitian ini adalah unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak novel
Api Tauhid Karya Habiburrahman El Shirazy. Penelitian ini berfokus pada unsur
intrinsik dan nilai pendidikan akhlak yang meliputi akhlak pada Allah, keluarga, dan
diri sendiri. Dalam penelitian ini instrumennya adalah penulis selaku instrumen
utama dengan bantuan kartu pencatat data beserta alat tulis. Pengumpulan data
dilakukan dengan metode observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis
isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal.
Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik meliputi tema,
yaitu kedekatan hamba dengan Allah Swt., tokoh dan penokohan, Fahmi merupakan
tokoh utama dengan watak berbakti kepada orang tua, pandai, baik hati, penyayang,
sabar, dan religius dengan beberapa tokoh tambahan yang mendukung, yaitu Ibu,
Bapak, Nuzula, dan sebagainya; teknik pelukisan tokoh secara dramatis dan analitis;
alur, yaitu mundur (flashback); latar meliputi latar tempat, waktu, dan sosial; sudut
pandang, yaitu sudut pandang orang ketiga; amanat, yaitu Umat muslim selalu
mendekatkan diri pada Allah Swt., suami setia kepada istri, dan istri berbakti kepada
suami; hubungan antarunsur, yaitu hubungan tokoh dengan unsur cerita yang lain
(latar dan kehidupan sosial),; hubungan alur dengan unsur cerita yang lain (tema),;
dan hubungan latar dengan unsur cerita yang lain (watak tokoh dan jalan cerita); (2)
nilai pendidikan akhlak meliputi akhlak pada Allah, yaitu takwa, cinta dan rida
(rela), ikhlas, khauf dan raja’ (takut dan harap), tawakal (berharap pada Allah),
syukur, dan tobat; akhlak pada keluarga, yaitu birrul walidain (berbuat baik pada
kedua orang tua); hak, kewajiban dan kasih sayang suami istri, kasih sayang dan
tanggung jawab orang tua terhadap anak, dan silaturahmi dengan karib kerabat; dan
akhlak pada diri sendiri, yaitu akhlak baik (sidik (jujur), amanah (dipercaya),
istikamah (teguh menjaga iman), ifah (menjaga kehormatan diri), syaja’ah (berani),
tawaduk (rendah hati), sabar, dan pemaaf) dan akhlak buruk (bohong, sombong,
tidak mempunyai belas kasih, dan jaza’u (gelisah);. (3) skenario pembelajaran unsur
intrinsik dan nilai pendidikan akhlak novel Api Tauhid pada kelas XI SMA
menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pembelajaran kooperatif
tipe Jigsaw.