Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI PENDIDIKAN AKHLAK NOVEL API TAUHID KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Ponijah, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-09T08:05:54Z
dc.date.available 2018-02-09T08:05:54Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1877
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik dalam novel Api Tauhid Karya Habiburrahman El Shirazy; (2) nilai pendidikan akhlak dalam novel Api Tauhid Karya Habiburrahman El Shirazy; dan (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Api Tauhid Karya Habiburrahman El Shirazy di kelas XI SMA. Objek penelitian ini adalah unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak novel Api Tauhid Karya Habiburrahman El Shirazy. Penelitian ini berfokus pada unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak yang meliputi akhlak pada Allah, keluarga, dan diri sendiri. Dalam penelitian ini instrumennya adalah penulis selaku instrumen utama dengan bantuan kartu pencatat data beserta alat tulis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik meliputi tema, yaitu kedekatan hamba dengan Allah Swt., tokoh dan penokohan, Fahmi merupakan tokoh utama dengan watak berbakti kepada orang tua, pandai, baik hati, penyayang, sabar, dan religius dengan beberapa tokoh tambahan yang mendukung, yaitu Ibu, Bapak, Nuzula, dan sebagainya; teknik pelukisan tokoh secara dramatis dan analitis; alur, yaitu mundur (flashback); latar meliputi latar tempat, waktu, dan sosial; sudut pandang, yaitu sudut pandang orang ketiga; amanat, yaitu Umat muslim selalu mendekatkan diri pada Allah Swt., suami setia kepada istri, dan istri berbakti kepada suami; hubungan antarunsur, yaitu hubungan tokoh dengan unsur cerita yang lain (latar dan kehidupan sosial),; hubungan alur dengan unsur cerita yang lain (tema),; dan hubungan latar dengan unsur cerita yang lain (watak tokoh dan jalan cerita); (2) nilai pendidikan akhlak meliputi akhlak pada Allah, yaitu takwa, cinta dan rida (rela), ikhlas, khauf dan raja’ (takut dan harap), tawakal (berharap pada Allah), syukur, dan tobat; akhlak pada keluarga, yaitu birrul walidain (berbuat baik pada kedua orang tua); hak, kewajiban dan kasih sayang suami istri, kasih sayang dan tanggung jawab orang tua terhadap anak, dan silaturahmi dengan karib kerabat; dan akhlak pada diri sendiri, yaitu akhlak baik (sidik (jujur), amanah (dipercaya), istikamah (teguh menjaga iman), ifah (menjaga kehormatan diri), syaja’ah (berani), tawaduk (rendah hati), sabar, dan pemaaf) dan akhlak buruk (bohong, sombong, tidak mempunyai belas kasih, dan jaza’u (gelisah);. (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak novel Api Tauhid pada kelas XI SMA menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Unsur Intrinsik, Pendidikan Akhlak, Skenario Pembelajaran en_US
dc.title NILAI PENDIDIKAN AKHLAK NOVEL API TAUHID KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account