Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel
Pulang karya Tere Liye; (2) nilai moral pada novel Pulang karya Tere Liye; (3)
skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai moral pada novel Pulang karya
Tere Liye di Kelas XI SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Fokus penelitian
ini adalah nilai moral pada novel Pulang karya Tere Liye dan skenario
pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data penelitian ini novel Pulang karya
Tere Liye. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan teknik
catat. Analisis data dilakukan dengan analisis isi. Teknik penyajian data dilakukan
dengan menggunakan teknik informal.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Unsur intrinsik novel
Pulang terdiri dari tema: kisah tentang perjalanan pulang, melalui pertarungan
demi pertarungan, untuk memeluk erat semua kebencian; tokoh: utama dan tokoh
tabahan; latar: novel terdiri dari latar tempat: Kampung Talang Tadah Hujan
Sumatra, Singapura, Hongkong, Makau, Ibu Kota.; latar waktu: pagi, siang, sore
dan malam hari; latar social: yang menunjukkan adat istiadat, kepercayaan,
bahasa, kebiasaan, dan pandangan hidup masyarakat Sumatera; alur: maju mundur
atau alur campuran; sudut pandang: campuran antara teknik orang pertama dan
teknik orang ketiga mahatahu; (2) nilai-nilai moral yang adalah dalam novel
Pulang antara lain: hubungan manusia dengan Tuhan: taat dan tawakkal;
hubungan manusia dengan manusia: dermawan, tolong menolong, dan pemberi
nasihat; hubungan manusia dengan alam sekitar: memuji keindahan alam. (3)
skenario pembelajaran novel Pulang di kelas XI SMA Kompetensi Dasar 7.2
menganalisis unsur intrinsik novel Indonesia. Metode yang digunakan adalah
metode TANDUR. Metode ini memiliki enam langkah atau fase pokok, yakni
tanamkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan yang sering disebut
dengan teknik TANDUR. Langkah-langkah pembelajaran terdiri dari kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Evaluasi pembelajaran adalah teknik tes
tertulis, dengan bentuk instrumen soal uraian dan tugas proyek