Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemandirian
dan kreativitas baik secara individual maupun secara simultan terhadap prestasi
belajar ekonomi siswa kelas X MAN Kutowinangun Kabupaten Kebumen.
Populasi penelitiansiswa kelas X MAN Kutowinangun Kabupaten
Kebumen yang berjumlah 50 siswa, penentuan sampel berpedoman pada tabel
penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu. Dengan taraf kesalahan taraf
kesalahan 5% diambil sampel 44 siswa. Pengambilan sampel secara random
sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan skala Likert
yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan persentase tertinggi variabel
kemandirian berada pada kategori cukup baik(77,27%), variabel kreativitas berada
pada kategori cukup tinggi(55,54%), dan variabel prestasi belajar berada pada
kategori baik(59,09%). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian terhadap prestasi belajar
(r = 0,757, thitung = 7,428, sig 0,000) dengan r2 = 0,573 sebesar 57,30%. Ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas terhadap prestasi belajar (r
= 0,822, thitung = 9,275, sig = 0,000)denganr2 = 0,557 sebesar 55,70%. Ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian dan kreativitas secara
simultan terhadap prestasi belajar sebesar (R = 0,913,Fhitung = 102,264, sig =
0,000) dengan R2 = 833sumbangan 83,30% dan 16,70% dipengaruhi faktor lain.
Hipotesis diterima dandikatakan positif karena Fhitung bernilai positif serta
signifikan karena hasil signifikan < 0,05.