Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS NILAI MORAL PADA NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA KELAS XI

Show simple item record

dc.contributor.author Setiawan, Arif
dc.date.accessioned 2018-02-09T08:19:24Z
dc.date.available 2018-02-09T08:19:24Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1883
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Ayah karya Andrea Hirata; (2) nilai moral pada novel Ayah karya Andrea Hirata; (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai moral pada novel Ayah karya Andrea Hirata di SMA Kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai moral pada novel Ayah karya Andrea Hirata dan skenario pembelajarannya di SMA kelas XI. Sumber data penelitian ini novel Ayah karya Andrea Hirata. Teknik validasi yang dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Teknik penyajian data dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Ayah terdiri dari (a) tema: cinta kasih; (b) tokoh utama: Sabari; (c) tokoh-tokoh; Marlena, Ukun, Tamat, Zorro, Ibu Norma, Zuraida, Markoni, Jon Pijareli, Manikam, Niel, Larissa, Toharun dan Juru Antar; (d) latar tempat: rumah Sabari, SMA, MPB, stasiun radio, pabrik batako, taman balai kota, pasar ikan dan pelabuhan; (e) latar waktu: pagi, siang, sore dan malam hari; (f) latar sosial: kehidupan menengah ke bawah, berjiwa sosial tinggi di Kampung Belantik; (g) alur: alur campuran; (h) amanat: selalu bertawakal kepada Tuhan, selalu berperasangka baik terhadap semua keadaan hidup yang telah digariskan Tuhan dan jangan mudah berputus asa dan harus selalu berusaha; (2) nilai-nilai moral: (a) hubungan manusia dengan Tuhan: tawakkal; (b) hubungan manusia dengan manusia: tolong-menolong, persahabatan, penyayang, pemberi motivasi, berbudi pekerti baik, dan pemberi nasihat; (c) hubungan manusia dengan dirinya sendiri: pantang menyerah; (d) hubungan manusia dengan alam sekitar: memuji keindahan alam; (3) skenario pembelajaran novel Ayah di SMA kelas XI; kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsur intrinsik novel Indonesia; metode yang digunakan adalah metode kuantum dengan model TANDUR; metode ini memiliki enam langkah atau fase pokok, yakni tanamkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan; langkah-langkah pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup; evaluasi pembelajaran adalah teknik tes tertulis, dengan bentuk instrumen soal uraian dan tugas proyek en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Nilai moral, novel, skenario pembelajaran, SMA. en_US
dc.title ANALISIS NILAI MORAL PADA NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA KELAS XI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account