Abstract:
Penelitian pengembangan LKS matematika berbasis etnomatematika
bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS sebagai media pembelajaran.
Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model
pengembangan ADDIE yaitu: Analysis, Desain, Development, Implementation,
dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhamadiyah Purworejo
dan dilaksanakan di SMP N 4 Purworejo pada tahap uji coba terbatas berjumlah
10 siswa dan tahap uji coba luas berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah angket lembar validasi, angket lembar respon siswa
dan angket lembar keterlaksanaan penggunaan LKS. Sebelum LKS diterapkan
dalam penelitian terlebih dahulu dilakukan validasi sehingga instrumen tersebut
layak digunakan.
Hasil analisis data yaitu: (1) hasil validasi LKS matematika berbasis
etnomatematika dari empat validator yaitu tiga dosen ahli dan guru matematika
rerata nilai 3,9 dengan percentage agreement sebesar 98,6% sehingga kategori
sangat baik. (2) hasil keterlaksanaan proses kegiatan pembelajaran diperoleh
rerata 3,5 dengan kategori baik. (3) hasil respon siswa terhadap LKS berbasis
etnomatematika diperoleh presentase 82,5% dengan kategori sangat kuat. Dengan
demikian, LKS berbasis etnomatematika yang dikembangkan dalam penelitian ini
dikategorikan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran matematika.