Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel
Moslem In Love karya Aisya Azzahra; (2) nilai religiositas dalam novel Moslem In
Love karya Aisya Azzahra; dan (3) rencana pembelajaran novel Moslem In Love
karya Aisya Azzahra sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data
penelitian ini adalah novel Moslem In Love karya Aisya Azzahra. Data penelitian
ini berupa kutipan-kutipan dari novel Moslem In Love karya Aisya Azzahra. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, yaitu: suatu usaha sadar untuk
mengumpulkan data yang dilakukan secara sistematis, dan teknik catat. Instrumen
dalam penelitian ini adalah penulis dibantu kartu pencacat data, dan buku-buku
yang relevan yang mendukung sebagai acuan. Teknik analisis data menggunakan
“content analysis.” Penyajian hasil analisis menggunakan metode informal.
Untuk menganalisis penelitian ini disimpulkan (1) unsur intrinsik dalam novel
Moslem In Love karya Aisya Azzahra sebagai berikut: (a) tema: kesabaran dalam
menghadapi ujian, (b) tokoh utama: Ridwan, Mahmud Salim, Umi Sabila, Aina,
Rachmad, Ghabir, dan Abang Farid, tokoh tambahan: Royyan, Rohim, Hasan, Kiai
Ibnu, dan Hafsah, (c) alur: alur campuran, yaitu: terdapat adegan-adegan sorot
balik, (d) latar dalam novel ini terdiri dari latar tempat: Kampus STAINU, Klirong,
Bocor, Dusun Watukuwuk, dan Ruang sel tahanan. Latar waktu: pagi hari, sore hari,
dan malam hari, sedangkan latar sosial pada novel Moslem In Love adalah
mayarakat Jawa, sebuah masyarakat tepatnya di Kebumen, (e) sudut pandang:
sudut pandang persona ketiga “dia” dan sudut pandang persona pertama “Aku”, (2)
aspek nilai religiositas yang ditemukan (a) hubungan manusia dengan Tuhannya,
meliputi: nilai aqidah adalah Keterikatan terhadap Tuhannya berupa keyakinan, dan
nilai syari’ah merupakan tuntunan hidup umat manusia, meliputi: beribadah,
berdoa, bersyukur, dan bersabar; (b) hubungan manusia dengan manusia: saling tolong
menolong, kasih sayang, jujur, rela berkorban, dan jujur; (c) hubungan manusia
dengan alam sekitarnya yaitu mengagumi keindahan dan keagungan ciptaan Tuhan;
(3) rencana pembelajaran novel Moslem In Love karya Aisya Azzahra sebagai materi
ajar apresiasi sastra di kelas XI SMA, meliputi: (a) tahap awal: guru dan siswa datang
tepat waktu dan berdoa (b) tahap inti: tahap eksplorasi, tahap elaborasi, dan tahap
konfirmasi (c) penutup: guru dan siswa membuat simpulan dari materi yang telah
dipelajari dan sebagai evaluasi, siswa diberikan tugas mengerjakan lembar soal yang
telah disiapkan oleh guru.