Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) jenis-jenis gaya bahasa yang terdapat dalam novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono; (2) skenario pembelajaran gaya bahasa novel Hujan Bulan Juni di kelas XI SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Pada penelitian ini, penulis memilih objek penelitian berupa gaya bahasa yang digunakan oleh Sapardi Djoko Damono dalam novel Hujan Bulan Juni. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah studi pustaka yaitu dengan membaca keseluruhan teks novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Dalam analisis data, penulis menggunakan analisis isi, yaitu menganalisis novel Hujan Bulan Juni. Dalam penyajian hasil analisis, penulis menggunakan teknik informal.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui (a) gaya bahasa perbandingan antara lain: perumpamaan 14, metafora7, personifikasi 5, depersonifikasi 1, alegori 3, antitesis 2, pleonasme 2, perifrasis 1, antisipasi 4, dan koreksi 1; (b) gaya bahasa pertentangan antara lain: hiperbola 8, litotes 2, ironi 1, oksimoron 2, paronomasia 1, paralepsis 1, zeugma 1, satire 2, inuendo 3, antifrasis 1, paradoks 3, anti klimaks 2, anastrof 3, apofasis 3, hipalase 2, sinisme 5, dan sarkasme 2. (c) gaya bahasa pertautan antara lain: metonimia 5, sinekdoke 3, alusi 1, eufimisme 1, eponim 1, epitet 5, antonomasia 2, erotesis 3, paralelisme 1, elipsis 1, asindeton 2, dan polisindeton 4; (d) gaya bahasa perulangan antara lain: aliterasi 1, asonansi 1, antanaklasis 3, kiasmus 1, epizekuis 5, anafora 8, epistrofa 1, mesodiplosis 3, epanalepsis 1, dan anadiplosis 1; (2) skenario pembelajaran gaya bahasa yang diaplikasikan dalam pembelajaran sastra bagi siswa kelas XI SMA berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang tertera pada silabus SMA. Standar kompetensi yang dipilih sebagai acuan adalah membaca, memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/ novel terjemahan. Kompetensi dasar yang menjadi landasan penelitian, yaitu 7.2 Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia/ novel terjemahan. Metode yang digunakan dalam pembelajaran gaya bahasa ini dengan mengombinasikan tiga metode pembelajaran, yakni metode ceramah, metode diskusi, dan penugasan.