Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi dengan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan dengan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar, dan (3) mendeskripsikan perubahan minat dan perilaku belajar siswa kelas VII MTs Plus Al Hidayah Kroya setelah mengikuti pelajaran menulis puisi dengan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian kolaborasi dengan pihak lain untuk menciptakan kinerja guru yang lebih baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Adapun dalam teknik penyajian hasil digunakan metode penyajian informal.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) proses pembelajaran menulis puisi menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar pada siswa kelas VII MTs Plus Al hidayah Kroya dilakukan dalam enam tahap, yaitu (a) peneliti memberikan gambaran tentang model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar, (b) peneliti memberikan contoh menulis puisi dengan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar, (c) siswa ditugasi menulis puisi berdasarkan gambar yang telah disediakan dengan cara berkelompok, (d) peneliti mengawasi dan memberi motivasi kepada siswa saat proses pembelajaran, (e) siswa mempresentasikan hasil menulis puisinya di depan kelas, (f) peneliti memberikan penilaian hasil puisi siswa. (2) peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar pada siswa kelas VII MTs Plus Al Hidayah Kroya mengalami peningkatan, dapat dilihat berdasarkan hasil prasiklus, nilai rata-rata menulis puisi masih rendah yaitu 64,76. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat yaitu 75,45. Pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 80,33. (3) perubahan minat dan perilaku pada siswa kelas VII MTs Plus Al Hidayah Kroya setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi meng-gunakan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar dapat dikatakan meningkat dan berubah ke arah positif. Terlihat dari hasil angket prasiklus terdapat 8 siswa atau 24,24%, siklus I sebesar 25 siswa atau 75,75% , dan siklus II sebesar 29 siswa atau 87,87%. Pada hasil observasi prasiklus sebesar 5 siswa atau 15,15%, siklus I sebesar 15 siswa atau 45,45%, dan siklus II sebesar 24 siswa atau 72,72%.