Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan
media pembelajaran interakif berbasis TIK (teknologi Informasi dan Komunikasi)
pada mata pelajaran matematika untuk guru dan siswa SMA kelas XI.
Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D)
dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Menentukan tingkat kelayakan media pembelajaran
interakif berbasis TIK berdasarkan uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji
keefektifan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Purworejo
semester genap tahun pelajaran 2016/2017.
Hasil dari pengembangan media pembelajaran interakif berbasis TIK
berupa website mathematics dengan alamat akses http://mpi-math.is-best.net/. Hasil
penelitian diperoleh bahwa validtor dari ahli materi mengatakan “sangat valid”, ahli
media mengatakan “sangat valid” dan guru matematika mengatakan “sangat valid”.
Respon siswa pada uji coba kelompok kecil dalam kategori “sangat baik” dan pada
uji coba kelompok besar dalam kategori “baik”. Hasil tes prestasi belajar siswa pada
uji coba kelomok kecil mencapai “ketuntasan minimal” dan hasil tes prestasi belajar
siswa pada uji coba kelompok besar mencapai “ketuntasan minimal”. Sehingga
media pembelajaran interakif berbasis TIK yang berupa website mathematics telah
memenuhi aspek kevalidan, aspek kepraktisan dan aspek keefektifan, maka dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran interakif berbasis TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi) pada mata pelajaran matematika untuk guru dan siswa
SMA kelas XI yang dikembangkan dinyatakan layak.