dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2)
aspek sosiologi sastra dalam novel The Boarding karya Triani Retno; (3) rencana
pelaksanaan pembelajaran analisis novel The Boarding dengan pendekatan
sosiologi sastra karya Triani Retno di kelas XII SMA.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini
adalah novel The Boarding karya Triani Retno. Penelitian ini difokuskan pada
unsur intrinsik, aspek sosiologi sastra dan rencana pelaksanaan pembelajaran di
kelas XII SMA. Data penelitian ini berupa data lunak yang berwujud kata, frasa,
klausa, kalimat, paragraf, atau wacana yang terdapat dalam novel The Boarding.
Sumber data dalam penelitian ini adalah novel The Boarding. Instrumen penelitian
ini adalah peneliti sendiri dan kartu data. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik studi pustaka dan teknik catat. Validitas data dilakukan
dengan meningkatkan ketekunan yang berarti melakukan pengamatan lebih
cermat dan berkesinambungan dengan cara membaca ulang. Analisis data
dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil analisis disajikan dengan teknik
informal.
Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik yang terdapat
dalam novel The Boarding mencakup lima aspek, yaitu: (a) tema: perjalanan
hidup seseorang dalam menemukan jati diri; (b) tokoh dan penokohan antara lain:
tokoh utama: Tasya: keras kepala, sombong, peduli, dan tulus; tokoh tambahan:
Dini: sopan, pemaaf, pintar, dan taat beribadah; Asri: cerewet; Sarah: peduli; Bu
Nike: suka bergurau dan gaul; Aneta: bertanggungjawab; (c) alur: alur maju; (d)
latar tempat: Jakarta dan NIBS Bogor, latar waktu: pagi, siang, sore, dan malam,
latar sosial: perbedaan gaya hidup antara di Jakarta dengan di NIBS Bogor; (e)
sudut pandang: orang ketiga metode diaan; (2) aspek-aspek sosiologi yang
terdapat pada novel The Boarding digolongkan menjadi empat, yaitu (a) aspek
perekonomian: ekonomi tinggi dan ekonomi menengah; (b) aspek keagamaan:
kepercayaan terhadap Allah dan ajaran agama Islam; (c) aspek cinta kasih: cinta
terhadap keluarga dan cinta terhadap teman (d) aspek pendidikan: pendidikan
Islami yang diterapkan di NIBS Bogor; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran
novel The Boarding di kelas XII SMA dapat diterapkan dalam pembelajaran
analisis teks novel untuk kelas XII SMA, yakni pada kompetensi dasar 3.3
Menganalisis teks novel baik melalui lisan maupun tulisan dengan metode
pembelajaran inkuiri berbasis saintifik. |
en_US |