Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DALAM NOVEL THE BOARDING KARYA TRIANI RETNO DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Yuarini, Evi
dc.date.accessioned 2018-02-09T08:40:43Z
dc.date.available 2018-02-09T08:40:43Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1893
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2) aspek sosiologi sastra dalam novel The Boarding karya Triani Retno; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran analisis novel The Boarding dengan pendekatan sosiologi sastra karya Triani Retno di kelas XII SMA. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah novel The Boarding karya Triani Retno. Penelitian ini difokuskan pada unsur intrinsik, aspek sosiologi sastra dan rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas XII SMA. Data penelitian ini berupa data lunak yang berwujud kata, frasa, klausa, kalimat, paragraf, atau wacana yang terdapat dalam novel The Boarding. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel The Boarding. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan kartu data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka dan teknik catat. Validitas data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan yang berarti melakukan pengamatan lebih cermat dan berkesinambungan dengan cara membaca ulang. Analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil analisis disajikan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel The Boarding mencakup lima aspek, yaitu: (a) tema: perjalanan hidup seseorang dalam menemukan jati diri; (b) tokoh dan penokohan antara lain: tokoh utama: Tasya: keras kepala, sombong, peduli, dan tulus; tokoh tambahan: Dini: sopan, pemaaf, pintar, dan taat beribadah; Asri: cerewet; Sarah: peduli; Bu Nike: suka bergurau dan gaul; Aneta: bertanggungjawab; (c) alur: alur maju; (d) latar tempat: Jakarta dan NIBS Bogor, latar waktu: pagi, siang, sore, dan malam, latar sosial: perbedaan gaya hidup antara di Jakarta dengan di NIBS Bogor; (e) sudut pandang: orang ketiga metode diaan; (2) aspek-aspek sosiologi yang terdapat pada novel The Boarding digolongkan menjadi empat, yaitu (a) aspek perekonomian: ekonomi tinggi dan ekonomi menengah; (b) aspek keagamaan: kepercayaan terhadap Allah dan ajaran agama Islam; (c) aspek cinta kasih: cinta terhadap keluarga dan cinta terhadap teman (d) aspek pendidikan: pendidikan Islami yang diterapkan di NIBS Bogor; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel The Boarding di kelas XII SMA dapat diterapkan dalam pembelajaran analisis teks novel untuk kelas XII SMA, yakni pada kompetensi dasar 3.3 Menganalisis teks novel baik melalui lisan maupun tulisan dengan metode pembelajaran inkuiri berbasis saintifik. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject sosiologi sastra, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran. en_US
dc.title KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DALAM NOVEL THE BOARDING KARYA TRIANI RETNO DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account