dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah :(1) untuk meningkatkan kepercayaan diri
siswa melalui strategi Mastery Learning with Quis Team pada siswa kelas VII A
SMP PGRI Bagelen. (2) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui
strategi Mastery Learning with Quis Team pada siswa kelas VII A SMP PGRI
Bagelen. (3) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi Mastery
Learning with Quis Team pada siswa kelas VII A SMP PGRI Bagelen.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang terdiri dari
4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek adalah
siswa kelas VII A SMP PGRI Bagelen yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari
6 siswa putri dan 14 siswa putra. Teknik pengumpulan data dengan metode
angket, observasi,tes, dan dokumentasi. Data mengenai kepercayaan diri siswa
dikumpulkan dengan angket kepercayaan diri, keaktifan belajar siswa
dikumpulkan dengan lembar observasi keaktifan siswa. Sedangkan data prestasi
belajar matematika siswa dikumpulkan melalui tes prestasi. Setelah data
terkumpul, data di analisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepercayaan diri siswa mengalami
peningkatan setelah mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Mastery
Learning with Quis Team. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian terhadap
kepercayaan diri siswa pada siklus I rata-rata 77,35% dengan kategori baik dan
pada siklus II rata-rata 77,75% dengan kategori baik. (2) keaktifan belajar siswa
pada siklus 1 rata-rata 73,74% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan
pada siklus II rata-rata 76,75% dengan kategori baik. (3) prestasi belajar
matematika siswa mengalami peningkatan hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis
data diperoleh bahwa hasil rerata prestasi belajar matematika siswa pada siklus I
sebesar 68,25 dengan ketuntasan klasikal 60%, sedangkan pada siklus II sebesar
78,25 dengan ketuntasan klasikal 80%. |
en_US |