Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan menulis
narasi ekspositoris dengan metode pembelajaran mind mapping, (2) pengaruh
pembelajaran menulis narasi ekspositoris dengan metode mind mapping, dan (3)
peningkatan kemampuan menulis narasi ekspositoris dengan metode mind
mapping pada siswa kelas IV SD Negeri Jetis 4 Nusawungu, Cilacap.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jetis 4 Nusawungu, Cilacap Tahun
Ajaran 2015/2016 sebanyak 27 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada
tiap siklus skripsi ini ditempuh dengan tahap perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan
nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis
narasi ekspositoris. Teknik nontes digunakan untuk menilai aktivitas siswa selama
proses pembelajaran. Dalam analisis data digunakan teknik deskriptif kualitatif
dan kuantitatif. Teknik deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data
yang diperoleh dari tes dan nontes. Kuantitatif untuk menganalisis data yang
diperoleh dari hasil tes menulis narasi ekspositoris pada siklus I dan II. Teknik
penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah informal, untuk menyajikan
hasil analisis dengan uraian kata-kata.
Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah
pembelajaran menulis narasi ekspositoris dengan metode mind mapping yaitu; a)
peserta didik memperhatikan gambar mind mapping yang dicontohkan oleh
pendidik; b) membuat mind mapping dengan tema yang ditentukan oleh pendidik;
c) membimbing peserta didik untuk menuliskan judul yang telah ditentukan
ditengah-tengah kertas kosong, mengajak peserta didik untuk berimajinasi tentang
hal-hal yang terkait dengan tema; d) membuat cabang-cabang utama dari judul
yang telah ditentukan; e) mengembangkan cabang utama dengan membuat
ranting-ranting dari cabang tersebut; f) menulis narasi ekspositoris berdasarkan
mind mapping yang telah dibuat, (2) pembelajaran menulis narasi dengan metode
mind mapping dapat memberikan pengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa
kelas IV SD Negeri Jetis 4 Cilacap, dan (3) kemampuan menulis narasi
ekspositoris dengan metode mind mapping mengalami peningkatan dengan hasil
rata-rata prasiklus 60,74 (18,52%), siklus I 73,59 (62,96%), dan siklus II 83,74
(92,59%). Dengan demikian, metode mind mapping dapat meningkatkan
kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas IV SD Negeri Jetis 4 Cilacap.