Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS DENGAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JETIS 4 NUSAWUNGU CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Purnamasari, Indiarti
dc.date.accessioned 2018-02-09T08:43:21Z
dc.date.available 2018-02-09T08:43:21Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1895
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan menulis narasi ekspositoris dengan metode pembelajaran mind mapping, (2) pengaruh pembelajaran menulis narasi ekspositoris dengan metode mind mapping, dan (3) peningkatan kemampuan menulis narasi ekspositoris dengan metode mind mapping pada siswa kelas IV SD Negeri Jetis 4 Nusawungu, Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jetis 4 Nusawungu, Cilacap Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 27 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus skripsi ini ditempuh dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis narasi ekspositoris. Teknik nontes digunakan untuk menilai aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Dalam analisis data digunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari tes dan nontes. Kuantitatif untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil tes menulis narasi ekspositoris pada siklus I dan II. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah informal, untuk menyajikan hasil analisis dengan uraian kata-kata. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menulis narasi ekspositoris dengan metode mind mapping yaitu; a) peserta didik memperhatikan gambar mind mapping yang dicontohkan oleh pendidik; b) membuat mind mapping dengan tema yang ditentukan oleh pendidik; c) membimbing peserta didik untuk menuliskan judul yang telah ditentukan ditengah-tengah kertas kosong, mengajak peserta didik untuk berimajinasi tentang hal-hal yang terkait dengan tema; d) membuat cabang-cabang utama dari judul yang telah ditentukan; e) mengembangkan cabang utama dengan membuat ranting-ranting dari cabang tersebut; f) menulis narasi ekspositoris berdasarkan mind mapping yang telah dibuat, (2) pembelajaran menulis narasi dengan metode mind mapping dapat memberikan pengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri Jetis 4 Cilacap, dan (3) kemampuan menulis narasi ekspositoris dengan metode mind mapping mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata prasiklus 60,74 (18,52%), siklus I 73,59 (62,96%), dan siklus II 83,74 (92,59%). Dengan demikian, metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas IV SD Negeri Jetis 4 Cilacap. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject kemampuan menulis dan metode mind mapping. en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS DENGAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JETIS 4 NUSAWUNGU CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account